Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020

Kurir 144 Kg Ganja Divonis Seumur Hidup

Kedua terdakwa saat menjalani sidang vonis di Pengadilan Negeri Kelas I A Palembang. (foto-dedy/koransn)

Palembang, KoranSN

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kelas I A Palembang, Kamis (23/1/2020) memvonis dua kurir pembawa 144 Kg ganja kering dengan hukuman pidana penjara seumur hidup. Adapun kedua terdakwa yang divonis tersebut, yakni Ariswanto (43) dan Dian Meisasi Hutagalung (23), yang keduanya warga Lampung.

Ketua Majelis Hakim, Subur Susatyo SH MH saat membacakan vonis kedua terdakwa di persidangan mengatakan, berdasarkan fakta persidangan, keterangan saksi-saksi dan barang bukti yang telah dihadirkan di persidangan mengungkap jika perbuatan kedua terdakwa terbukti secara sah melakukan tindak pidana dan melanggar Pasal 111 ayat (2) dan Pasal 132 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“Dengan ini kami Majelis Hakim menjatuhkan putusan atau vonis kepada terdakwa Ariswanto dan terdakwa Dian Meisasi Hutagalung, masing-masing dengan hukuman pidana penjara seumur hidup” tegas hakim.

Baca Juga :   SMPN 26 Palembang Diamuk 'Si Jago Merah', Dua Ruang Kelas Hingga Gudang Hangus Terbakar

Diungkapkan Hakim, putusan pidana tersebut dijatuhkan pihaknya selaku Majelis Hakim lantaran dalam perkara ini kedua terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan melawan hukum, yakni

memiliki, menyimpan, menguasai dan membawa Narkotika golongan I dalam bentuk tanaman yakni Narkotika jenis ganja. Sehingga kedua terdakwa pada Minggu 19 Mei 2019 tertangkap oleh pihak kepolisian di pinggir Jalan Lintas Sumatera Kayuagung Kabupaten OKI disaat membawa 144 Kg ganja.

“Dalam perkara ini adapun hal yang menjadi pertimbangan kami dalam menjatuhkan putusan pidana, yakni kedua terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam hal pemberantasan Narkotika,” tegasnya.

Baca Juga :   Truk Fuso Hantam Motor, Pejalan Kaki Hingga Mobil di Kertapati, 1 Korban Tewas

Lanjut Hakim, vonis penjara seumur hidup yang dijatuhkan pihaknya kepada kedua terdakwa sama dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang telah dibacakan oleh JPU dalam sidang sebelumnya.

“Terkait putusan vonis ini silahkan kedua terdakwa menyampaikan apakah menerima atau mengajukan langkah hukum dengan banding, atau pikir-pikir sebelum putusan dinyatakan inkrah (kekuatan hukum tetap),” tanya hakim kepada kedua terdakwa.

Menjawab petanyaan Majelis Hakim, kedua terdakwa melalui kuasa hukumnya menyatakan pikir-pikir. Usai mendengar jawaban dari kedua terdakwa selanjutnya Ketua Majelis Hakim menutup persidangan. (ded)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Diduga Korupsi Uang Makan Guru, Mantan Kadisdik Pali Terancam 4 Tahun Penjara

Palembang, KoranSN Mantan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten PALI, Drs Abu Hanifa yang merupakan terdakwa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.