Home / Kota Musi / Lagi, LRT Palembang Mogok

Lagi, LRT Palembang Mogok

Sukseskan Asian Games di Jakarta dan Palembang Tahun 2018
Kereta Light Rail Transit (LRT) Palembang yang mengangkut penumpang, Minggu sore (12/8/2018) mogok di kawasan Jakabaring. Akibatnya, para penumpang terpaksa berjalan kaki menuju stasiun terdekat. Tampak petugas saat mengecek LRT yang mogok. (foto-istimewa)

Palembang, KoranSN

Lagi, kereta Light Rail Transit (LRT) Palembang, Minggu sore (12/8/2018) mogok saat sedang mengangkut sejumlah penumpang di kawasan Jakabaring Palembang. Mogoknya kereta tersebut bukanlah yang pertama kalinya, sebab sebelumnya Kereta LRT juga pernah mengalami mogok.

Informasi yang dihimpun, akibat Kereta LRT tersebut mogok membuat sejumlah penumpang berjalan kaki sejauh sekitar 1 Km menuju stasiun terdekat.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Light Rail Transit (LRT) Palembang, Suranto saat dikonfirmasi membenarkan jika Kereta LRT tersebut kembali mogok. Namun dirinya belum mengetahui pasti penyebab mogoknya kereta, sebab saat ini masih dalam pemeriksaan.

“Betul, karena ada gangguan hingga membuat kereta LRT mogok. Kejadiannya 1 Km dari Stasiun Jakabaring arah ke Polresta Palembang. Dengan adanya kejadian ini kami mohon maaf kepada masyarakat. Sedangkan untuk penyebab mogoknya kereta LRT tersebut, saat ini masih dalam pemeriksaan,” ungkapnya.

Terpisah, Manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti saat dikonfirmasi juga membenarkan Kereta LRT Palembang mogok. Sementara untuk penyebab mogoknya kereta masih dalam proses invertigasi.

“Penyebabnya mogok masih kami selidiki. Tapi malam ini (kemarin) Kereta LRT sudah kembali berjalan,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Rabu lalu (1/8/2018) kereta LRT mogok saat sedang mengangkut sejumlah penumpang di kawasan Bandara SMB II Palembang. Akibatnya, para penumpang LRT yang ada di dalam kereta harus menunggu hingga kereta kembali berjalan.

“Iya, benar Kereta LRT Palembang mogok selama 45 menit di kawasan bandara. Dengan adanya kejadian tersebut, kami dari pihak PT KAI mohon maaf atas ketidaknyamanam tersebut,” kata Manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti.

Bukan hanya itu, Jumat kemarin (10/8/2018) kereta LRT perjalanannya kembali tertunda saat hendak berangkat dari Stasiun Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang. Hal ini disebabkan karena adanya gangguan permasalahan sinyal hingga mengakibatkan perjalanan kereta menjadi tertunda.

Manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti membenarkan hal tersebut. Namun menurut Aida, kejadian tersebut bukan karena kereta mogok namun karena ada gangguan sinyal.

“Ya, tadi memang sempat ada kendala keberangkatan LRT di Stasiun SMB II, namun ini bukan karena mogok melainkan disebabkan ada gangguan permasalahan sinyal. Jadi, kereta kalau berangkat ada pengaturan persinyalan di rel kereta, nah inilah yang mengalami kendala hingga perjalanan kereta tertunda,” jelasnya.

Masih dikatakannya, fungsi dari pengaturan sinyal bertujuan untuk mengatur perjalanan kereta. Permasalahan ini, semua sudah teratasi dan kini kereta sudah beraktivitas seperti semula.

“Sekarang LRT setiap harinya melakukan perjalanan sebanyak 30 translet perjalanan. Untuk kendala tertunda perjalanan tadi, belum ada penumpang karena saat kejadian penumpang dari Stasiun Bandara belum sempat naik ke dalam kereta. Jadi, intinya bukan keretanya yang mogok, hanya ada gangguan permasalahan persinyalan,” terangnya. (ded/den)

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Jelang Asian Games 2018, Jembatan Musi IV Palembang Tak Kunjung Selesai

Palembang, Koransn- Para pekerja sedang berjibaku mengerjakan penyambungan jembatan Musi IV dikawasan kuto Palembang. Perhelatan ...

error: Content is protected !!