Home / Headline / Lagi, Ratusan Pohon Ganja Siap Panen Ditemukan

Lagi, Ratusan Pohon Ganja Siap Panen Ditemukan

Tim gabungan Staf Intel Kodim 0405 Lahat, Unit Intel Kodim 0505 Lahat dan Koramil 405-05 Pendopo Kabupaten Empat Lawang berhasil menemukan ladang ganja siap panen. (Foto-Istimiewa)

Lahat, KoranSN

Tim gabungan Staf Intel Kodim 0405 Lahat, Unit Intel Kodim 0505 Lahat dan Koramil 405-05 Pendopo Kabupaten Empat Lawang yang dipimpin langsung oleh Pasi Intel Kodim 0405 Lahat, Kapten Chb Purwadi serta Danramil 405-05 Pendopo, Kapten Sudirman, Sabtu (5/01/2019) pukul 04.00 WIB menemukan ladang ganja siap panen.

Lokasi ladang ganja tersebut terletak di Talang Rena Payang Desa Lingge Kecamatan Pendopo Barat Kabupaten Empat Lawang Propinsi Sumsel.

Pantauan KoranSN.com, ladang ganja dengan luas sekitar satu hektar tersebut diperkirakan berumur lebih dari satu tahun.

Dandim 0405 Lahat, Letkol Kav Sungudi mengatakan, penemuan ladang ganja tersebut berawal dari informasi dan penggalangan Babinsa Koramil 405-05/ Pendopo dan jaring Intel Kodim 0405/Lahat.

Baca Juga :   Spesialis Copet Diterjang Timah Panas

“Penemuan ini tidak lepas dari peranan masyarakat yang memberikan informasi. Kami melakukan penghimpunan informasi dan mengkoordinasikan ini kepada Koramil 405-05 Pendopo. Setelah mendapatkan kepastian adanya lokasi, kami bergerak menuju lokasi bersama 15 personil,” kata Sungudi, Sabtu (5/1/2019).

Masih kata Sungudi, selanjutnya untuk mencapai lokasi tim gabungan harus menempuhnya dengan berjalan kaki sepanjang 15 Km.

“Dari Desa Lubuk Buntak, Kecamatan Talang Padang, Kemudian berjalan kaki sejauh 15 km menuju Talang Renai Payang Desa Lingge, Kecamatan Pendopo Barat tempat lokasi ladang ganja tersebut,” jelasnya.

Lebih jauh Sungudi mengatakan, sesampainya anggota di sana, lalu tim gabungan melanjutkan perjalanan sejauh 500 meter menuju titik lokasi desa tersebut. Setiba di lokasi, petugas sempat melakukan pengepungan untuk menyisir kawasan tersebut.

Baca Juga :   Tim Jaguar BNNP Sumsel Tembak Mati 2 Penyelundup Narkoba Jaringan Internasional

“Lokasinya tersembunyi, petugas cukup kesulitan untuk mencapai ke lahan ganja itu karena harus menaiki bukit curam dan melewati semak belukar,” katanya.

Sungudi melanjutkan, saat ditemukan lahan ganja tersebut nampak tumbuh subur. Areal yang terbentang luas tersebut dipenuhi batang ganja yang siap panen. Sebagian lagi, terlihat sudah ditebas dan dipanen.

“Himbuan saya selaku Dandim, mengharapkan kesadaran masyarakat untuk tidak lagi menanam ganja, segera lapor ke Babinsa apabila menemukan ladang/tanaman ganja, karena ganja merupakan jenis narkoba yang membahayakan kelangsungan kehidupan bangsa dan merupakan musuh bersama. Terimakasih kepada masyarakat yang telah memberikan informasi keberadaan ladang ganja, dan mari kita nyatakan perang terhadap narkoba,” tegas Letkol Kav Sungudi.

Sementara itu Pasi Intel Kapten Chb Purwadi mengatakan, pihaknya hanya menemukan lahan ganja. Sedangkan untuk pelaku yang menanam ganja masih dalam proses pengejaran karena melarikan diri.

“Selanjutnya barang bukti serta penyelidikan akan diserahkan ke pihak kepolisian agar ditindak lanjuti,” katanya. (rob)


Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Kepergok, Pencuri Gas Elpiji 3 Kg di Lubuklinggau Nyaris Diamuk Massa

Lubuklinggau, KoranSN Kepergok mencuri dua buah tabung gas elpiji ukuran 3 Kg, seorang anak laki-laki ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.