Home / Gema Sriwijaya / Lahat Sudah Raih Piala Adipura 6 Kali, Saat Ini Terus Fokus Kebersihan dan Keindahan Kota

Lahat Sudah Raih Piala Adipura 6 Kali, Saat Ini Terus Fokus Kebersihan dan Keindahan Kota

Petugas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat saat menyerahkan bantuan kotak sampah. (foto-ist)

Lahat, KoranSN

Tahun 2017 lalu merupakan penghargaan Adipura ke-enam yang diterima Kabupaten Lahat. Dengan demikian, ini harus menjadi motivasi pemerintahan dan masyarakat untuk peningkatan kebersihan, kenyamanan.

Pemkab Lahat harus terus berbenah, baik dalam bidang kebersihan kenyamanan dan pelayanan kepada masyarakat luas. Tentunya hal tersebut dilakukan bukan semata mata karena Piala Adipura, tapi lebih kepada menanamkan budaya bersih dan tertib pada masyarakat Lahat.

Lebih dari itu Pemkab Lahat selalu meningkatkan kebersihan seperti memberikan fasilitas kebersihan bak sampah, TPS, TPA, Bank Pengolahan Sampah untuk pasar, sekolah, perkantoran dan ruang terbuka hijau. Tentu, semua itu harus didukung oleh masyarakat agar dapat menciptakan kebersihan dan keindahan Kota.

Sarana untuk membuat indah sudah banyak dilakukan Pemkab Lahat seperti memasang sejumlah lampu hias di beberapa titik untuk keindahan dan membuat situasi aman dan indah di malam hari.

Untuk mempertahankan Piala Adipura tentunya tahapan penilaian Adipura tahap pertama (P1) yang mendapatkan poin 75 dari tim penilai Kementerian Lingkuangan Hidup (KLH). Sehingga membuat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lahat terus berbenah agar penilaian selanjutnya (P2), dapat perolehan poin lebih baik dari sebelumnya.

Hal itu diutarakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lahat, Ir Misri MT didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah, Budi Utama SIP. Dikatakannya jika poin turun maka dipastikan Lahat tidak akan mendapatkan Piala Adipura.

“Kita sudah membina kelompok Bank Sampah dan komunitas penggiat lingkungan di Lahat,” tutur Budi.
Menurutnya, untuk Bank Sampah binaan DLH itu sendiri sampai saat ini sudah ada beberapa kelompok seperti, Bank Sampah Unit Ulas Sari Bunga Mas, Unit RDPJKA dan lain-lain.

Masih kata Budi, penilaian akan dilakukan secara diam-diam oleh tim penilai dari KLM, dari berbagai titik pantau seperti; SD, SMP, ruang terbuka hijau, Bank Sampah dan juga Tempat Pembuangan Sampa (TPA) yang terletak di Desa Suka Rame Gumai Talang. Untuk mendapatkan Piala Adipura tersebut perlu usaha yang maksimal.

Penyerahan bantuan alat kebersihan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat.

Budi sangat berharap agar Pemerintahan di Lahat mendukung agar Kabupaten Lahat kembali meraih Piala Adipura yang kesekian kalinya.

Seperti baru-baru ini, Lurah Lahat Tengah mengajak masyarakat peduli lingkungan dengan melakukan gotong royong dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional, pada gotong royong tersebut masyarakat membersihkan lingkungan sekitar. Hal ini dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan, serta arti penting hidup bersih dengan membuang sampah pada tempatnya dan menjaga lingkungan sekitar.

Lurah Lahat Tengah, Hasbullah SIP mengatakan, kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk keterlibatan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2018. Kebersihan tersebut meliputi kebersihan siring, sampah dan rumput di Kelurahan Lahat Tengah.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat, Ir H Misri MT melalui Kabid Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan PKLH, H Budi Utama SIP dalam kesempatan tersebut juga menyerahkan bantuan alat kebersihan sebagai bentuk motivasi bagi pihak kelurahan dan kebersihan.

“Pihak kelurahan agar tak bosan bosan menitip pesan tentang arti penting hidup bersih dengan membuang sampah pada tempatnya dan menjaga lingkungan sekitar,” ungkap Budi.

Sedangkan Camat Kota Lahat, Suyudi SE MM mengapresiasi langkah yang diambil Lurah Lahat Tengah. Diharapkan langkah tersebut dapat dilakukan oleh para lurah lainnya dalam menggalakkan masyarakat untuk bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar.

“Terlebih lagi Kota Lahat sebagai kota peraih Piala Adipura yang harus kita jaga dan kita rawat,” tukasnya. (rob)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Si Jago Merah Hanguskan 6 Bedeng Milik Warga Dempo Reokan Pagaralam

Pagaralam, KoranSN Warga Dusun Dempo Reokan Kelurahan Pagaralam Kecamatan Pagaralam Utara heboh saat si jago ...

error: Content is protected !!