Lakalantas Turun, Pelanggaran Meningkat di Pagaralam

Ilustrasi pelanggaran. (foto-net)

Pagaralam, KoranSN

Kendati kasus kecelakaan lalulintas pada 2017 diklaim turun, namun kasus pelanggaran kendaraan bermotor meningkat, dibandingkan 2016.

Dari jumlah pelanggaran yang ditindak oleh petugas, masih didominasi kalangan pelajar.

“Di 2016, kasus pelanggaran di jalan raya yang terjaring oleh anggota Satlantas Polres Pagaralam, sebanyak 3.355 kasus. Sementara tahun 2017, kasus pelanggarannya lebih banyak, yaitu 4.513 pelanggaran,” ungkap Kapolres Pagaralam, AKBP Dwi Hartono saat jumpa pers dengan awak media, belum lama ini.

Disebutkannya, dari jumlah kasus yang ditindaklanjuti oleh anggota Satlantas, didominasi kalangan pelajar, sebanyak 1.242 pelanggar. Disusul mereka yang berprofesi sebagai petani.

Baca Juga :   Komunitas Pemuda Sebut Pelayanan Publik Muba Canggih dan Transparan

“Selain didominais pelajar, jika dilihat jenis pelanggaaran yang dilakukan pengendara, umumnya mereka tidak menggunakan pengaman helm, ada sebanyak 1.548 pelanggaran,” katanya.

Mengenai kasus pelanggaran yang didominasi kalangan pelajar, pihaknya melalui jajaran Satlantas, sudah menggiatkan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya dengan menyambangi sekolah-sekolah mulai dari TK hingga SMA yang ada di Kota Pagaralam.

Ditambahkan Kasat Lantas, AKP Ida Kade melalui Kanit Lakalantas, Bripka Saihu, peristiwa kecelakaan lalulintas sepanjang 2016, sebanyak 23 kasus, dengan korban meninggal dunia sebanyak 11 orang, 4 luka berat, 19 korban luka ringan.

Baca Juga :   BPN OI Lantik Petugas PTSL

Sedangkan di 2017, angka kasusunya turun. Terekam sebanyak 10 kejadian, empat orang meningal dunia, empat korban luber dan 6 korban luka ringan.

“Pemicu terjadinya kecelakaan lalulintas di jalan raya ada beberapa faktor. Seperti kondisi kerusakan jalan, atau human error,” pungkasnya. (asn)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Dandim 0405/Lahat Letkol Kav Shawaf Al Amien: Saya Tindak Tegas Anggota Melanggar Aturan

Lahat, KoranSN Kodim 0405/Lahat menggelar Apel Luar Biasa yang dipimpin langsung oleh Dandim 0405/Lahat, Letkol …