Lematang Longsor, Tiang Listrik di Sedupi Tumbang

Tampak kondisi tiang listrik yang roboh akibat longsor. (foto-anasrul/koransn.com)

PALI, KoranSN

Derasnya hujan yang turun pada Minggu malam (7/1/2018) di hampir seluruh wilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menyebabkan debit air Sungai Lematang yang membentang di Kecamatan Tanah Abang kembali tinggi. Akibatnua bantaran sungai tersebut kembali longsor.

Longsornya bantaran Sungai Lematang yang terletak di depan makam keramat puyang Desa Sedupi Kecamatan Tanah Abang mengakibatkan tiang listrik yang ada di atas tanah longsor, tumbang berimbas padamnya listrik di lima desa dalam wilayah Kecamatan Tanah Abang.

Selain padamkan aliran listrik, tiang yang roboh, melintang di jalan lintas PALI-Prabumulih, mengakibatkan tersendatnya arus lalulintas dari arah Tanah Abang menuju Prabumulih begitupun sebaliknya. Bahkan, ada pula pelajar yang mengalami luka akibat tertimpa tiang listrik itu.

“Yang kena imbas pemadaman listrik adalah Desa Modong, Sukaraja, Sedupi, Pandan dan Tanjung Dalam. Robohnya tiang listrik tersebut pada Senin dini hari (8/1/2018), pasca hujan deras mengguyur semalaman, dan debit air sungai Lematang meningkat menggerus tanggul sungai dimana diatasnya ada tiang listrik,” terang Hermawan, kepala Desa Modong kepada media ini, Senin (8/1/2018).

Baca Juga :   Bupati-Dewan Tandatangani RPJMD 2017-2022

Dikatakannya bahwa beberapa saat setelah tiang listrik tersebut roboh, warga langsung menghubungi pihak PLN rayon Prabumulih, karena tiang tersebut merupakan tiang penyangga kabel berasal dari aliran listrik PLN rayon Prabumulih.

“Siangnya ada beberapa petugas PLN datang mengecek ke lokasi, namun hanya sebatas pemadaman saja, untuk perbaikan mungkin menunggu alatnya terlebih dahulu,” imbuhnya.

Sama halnya diutarakan, Amran, kepala Desa Sedupi Kecamatan Tanah Abang, bahwa letak tiang listrik yang roboh berada persis di bibir sungai Lematang.

“Kami berharap, apabila diperbaiki, tiang yang baru nantinya dipindah ke tempat yang lebih aman, atau dipindah ke seberang jalan. Karena kalau di tempatkan di lokasi yang sama, rawan longsor,” pintanya.

Baca Juga :   Peduli Lebaran, Bupati OKU Salurkan 500 Paket Sembako

Sementara itu, Adi Warsito anggota DPRD PALI yang berasal dari kecamatan Tanah Abang berharap agar kondisi ini segera diperbaiki oleh pihak terkait.

“Jangan sampai berlarut-larut. Karena, listrik merupakan kebutuhan pokok warga,” katanya.
Terkait terjadinya bencana longsor, dia hanya meminta warga untuk bersabar dan berhati-hati.

“Ini cobaan, kita harus sabar menghadapinya. Dan tetap waspada dan hati-hati,” tutup politisi PKPI itu. (ans)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Infrastruktur dan SDM Masih Kendala Pembelajaran Daring

Lahat, KoranSN Sosialisasi dan kunjungan kerja Dewan Pendidikan Sumatera Selatan ke tiga wilayah kabupaten yaitu …