Home / Gema Sriwijaya / Listrik Sering ‘Byarpet’ Hambat Perekaman e-KTP

Listrik Sering ‘Byarpet’ Hambat Perekaman e-KTP

Sukseskan Asian Games di Jakarta dan Palembang Tahun 2018
Mustopa Yusuf, kepala Disdukcapil Muratara. (foto-sunardi/koransn.com)

Muratara, KoranSN

Pendistribusian e-KTP di kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) diakui masih belum berjalan maksimal. Sebab, masih terkendala tegangan arus listrik dan sering mati lampu mendadak (byarpet), sehingga semua pekerjaan tertunda. Bahkan berdampak alat perekam sering rusak.

Kepala Dinas Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Muratara Mustopa Yusuf melalui sekretaris Misra Jaya mengatakan, pendistribusian blangko E-KTP untuk kabupaten Muratara berjumlah 4000 blangko dan yang sudah melakukan perekaman berjumlah 300 orang.

“Blangko KTP elektronik yang didistribusikan di prioritaskan untuk data siap cetak, perubahan alamat karena pindah datang, hilang ataupun rusak dan perubahan elemen data akibat peristiwa kependudukan dan peristiwa penting,” ujarnya, Kamis (12/10/2017).

Ia menjelaskan, pencetakan tidak diprioritaskan bagi KTP elektronik yang habis masa berlakunya serta karena adanya perubahan alamat sebagai akibat pemekaran wilayah wilayah dan/atau perubahan momenklatur jalan, RT, RW, Desa/Kelurahan atau nama lainnya. Di terbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup, dan tidak perlu di perpanjang walaupun sudah habis masa berlakunya.

“Sampai saat ini belun ada kendala dalam pelayanan kepada masyarakat, hanya saja sering terjadi pemadaman listrik PLN sehingga pelayanan kami kurang maksimal juga alat perekam KTP sering rusak akibat PLN mati mendadak,” keluhnya.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Muratara Abdullah Macik sebelumnya mengatakan, di tahun 2018 di Bumi Berselang Serundingan akan memiliki gardu induk sendiri. Hal itu menjawab keluhan masyarakat di bumi Beselang Serundingan, karena jaringan arus listrik terlalu sering pemadaman walaupun cuaca bagus.

“Saya meminta kepada seluruh masyarakat Kabupaten Muratara agar bersabar dengan seringnya pemadaman tersebut, karena kita

masih menumpang. Tapi sekarang pelelangan sudah berjalan dan target pada 2018 Muratara sudah mempunyai gardu induk sendiri,” kata Sekda.

Karena sudah memasuki tahap pelelangan untuk pembangunan gardu induk, Sekda berharap pembangunan gardu induk di Muratara segera dipercepat karena sudah waktunya untuk menikmati listrik tanpa adanya pemadaman yang terlalu sering terjadi.

“Kita selaku pemerintah kabupaten tentu tidak lepas tangan, kita harus kondusif membangun Muratara ini dan kita berbagi tugas, kalau listrik itu masalah PLN dan kita memfasilitasi agar pembangunan tersebut secepatnya bisa diselesai, dan Insya Allah 2018 Muratara sudah memiliki gardu induk sendiri,” pungkasnya. (snd)

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Bupati Minta Muratara Kondusif Pada Tahun Politik 2019

Muratara, KoranSN Bupati Musi Rawas Utara (Muratara), HM. Syarif Hidayat meminta masyarakat agar menjaga Kamtibmas ...

error: Content is protected !!