Home / Nasional / Lokasi Ibu Kota Baru Ditentukan Tahun Ini

Lokasi Ibu Kota Baru Ditentukan Tahun Ini


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Tiga kementerian menggelar rapat koordinasi soal pindah ibu kota. (foto-net/vivanews)

Jakarta, KoranSN

Tiga kementerian dan lembaga pada Rabu siang, 15 Mei 2019 menggelar rapat koordinasi terkait pemindahan ibu kota negara. Tiga kementerian itu adalah Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

“Baru saja kami melakukan rapat koordinasi antara Bappenas, ATR/BPN dan PUPR, menindaklanjuti kajian mengenai pemindahan ibu kota dan tadi dalam rapat kita melakukan koordinasi untuk finalisasi tahun ini,” kata Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, Rabu (15/5/2019).

Baca Juga :   KPK Geram Banyak BUMN Borong Tiket Asian Games untuk Pejabat

Dijelaskan Bambang, keputusan untuk memilih lokasi dilakukan pada 2019 ini. Sementara itu, proses penyiapan perencanaan di lapangan, dimulai dua tahun ke depan.

“Sehingga keputusan untuk memilih lokasi dilakukan pada tahun ini juga. Sehingga proses penyiapan perencanaan di lapangan, kawasan dan konstruksinya bisa dimulai dua tahun ke depan dari tahun ini. Sehingga kita harapkan 2024 sesuai yang tadi dibahas dan direncanakan, ibu kota baru ini sudah fungsional, artinya sudah siap pusat pemerintahan baru,” ujarnya.
Bambang memastikan, keputusan untuk pemindahan atau keputusan lokasi akan disampaikan tahun ini juga. Ia akan terus mempercepat kajian pemindahan.

Baca Juga :   KPU: Masalah e-KTP WNA Masuk DPT Sudah Selesai

“Saya katakan, diputuskannya pasti tahun ini. Artinya kita akan kejar kajian itu, kita lengkapi. Terutama Pak Presiden mengambil keputusan, beliau perlu informasi paling lengkap sesuai dengan studi lapangan yang akan dilakukan,” paparnya.

“Juga tentunya, tadi dibicarakan bagaimana tiga kementerian ini akan berkoordinasi tentunya juga didukung beberapa kementerian lain. Juga kita membicarakan mengenai bagaimana kira-kira bentuk kota itu sendiri, kalau kota itu nanti dibangun,” tuturnya. (viva.co.id)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Avatar

Lihat Juga

Diperiksa 10 Jam Lebih Amien Rais Tidak Ditahan

Jakarta, KoranSN Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais diperiksa 10 jam lebih, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.