Home / Politik dan Pemerintahan / Lolos Verifikasi, PSI Sumsel Komitmen Anti Korupsi

Lolos Verifikasi, PSI Sumsel Komitmen Anti Korupsi


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Mengajak Masyarakat untuk datang Ke TPS dan menggunakan hak pilih
Ketua DPW PSI Sumsel Alvin Kennedy (tengah) didampingi pengurus DPW dan DPD PSI Kota Palembang  saat memberikan keterangan pers. (foto/Anton Wijaya)
Ketua DPW PSI Sumsel Alvin Kennedy (tengah) didampingi pengurus DPW dan DPD PSI Kota Palembang saat memberikan keterangan pers. (foto/Anton Wijaya)

Palembang, KoranSN

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjadi satu-satunya partai politik (Parpol) baru yang lolos verifikasi Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI untuk mendapatkan legalitas badan hukum yang menjadi syarat untuk menjadi peserta Pemilu 2019.

Lolosnya PSI ini, disambut antusias oleh Ketua DPW PSI Sumsel Alvin Kennedy. Ia menyatakan, PSI Sumsel akan tetap pada tujuan awal berdiri, yakni memberikan ruang bagi anak muda dan perempuan dalam pembangunan bangsa, serta komitmen menjadi partai anti korupsi.

“Anti korupsi ini menjadi salahsatu visi kami, dan ini kita buktikan dengan membentuk struktural partai yang ramping, dengan struktur seperti ini, jual beli partai ataupun kemungkinan korupsi bisa dihindari. Selain itu, kita juga pastikan tidak akan ada mahar politik bagi calon kepala daerah atau calon legislatif. Pada saat ada calon yang baik, kita pastikan akan kita dukung,” ungkap Alvin didampingi pengurus DPW dan DPD Kota Palembang dalam keterangan persnya, di Base camp DPW PSI Sumsel di Jalan Jenderal Basuki Rahmad Palembang, Minggu (9/10/2016).

Baca Juga :   Brimob Polda Sumsel Siap Amankan Pemilu 2019

Namun, Alvin juga tidak menampik kemungkinan ada anggota PSI yang terlibat korupsi kedepannya, dan jika ini terjadi, PSI secara tegas akan langsung memberhentikannya dari keanggotaan partai.

“Kita tidak akan toleran jika nanti ada anggota PSI yang melakukan korupsi, pasti langsung diberhentikan,” tegasnya.

Sementara itu, ia mengatakan kelolosan PSI dalam verifikasi diumumkan langsung oleh Menkumham Yasonna Laoly, 7 Oktober 2016 lalu. Dari lima Parpol yang mendaftar hanya PSI yang lolos verifikasi untuk memenuhi syarat badan hukum sesuai dengan UU No 02 Tahun 2011 tentang Parpol.

Baca Juga :   KPU: Belum Terdaftar di DPT, Silahkan ke Posko GMHP

Saat ini di Indonesia ada 72 ditambah satu Parpol yang lolos yaitu PSI jadi 73 Parpol yang berbadan hukum. Namun belum tentu keseluruhannya dapat mengikuti Pemilu karena masih ada verifikasi yang diaelenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menanggapi ini, Alvin optimis PSI Sumsel akan lolos verifikasi KPU nantinya. Sejumlah langkah telah disiapkan untuk memenuhi syarat kelolosan di KPU, yang verifikasinya digelar tahun 2018 mendatang.

“Secepatnya kita akan konsolidasi untuk memperkuat kepengurusan hingga ke tingkat DPC. Kita juga terus memperkenalkan diri dan aktif di media sosial,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Sekretaris DPW PSI Sumsel Ika Febrianti, Wakil Sekretaris Salahudin Alkhoiri, Wakil Ketua Deby Susanto, Ketua DPD Palembang Joko Setiawan, dan Bendahara DPD Daniel Budiman. (awj)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Anton Wijaya

Anton Wijaya

Lihat Juga

25.326 Pengawas TPS di Sumsel Dilantik

Palembang, KoranSN Sebanyak 25.326 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se Sumatera selatan (Sumsel) dilantik, Senin ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.