Home / Gema Sriwijaya / Longsor Susulan Ancam Warga Lembah Serunting

Longsor Susulan Ancam Warga Lembah Serunting

Ilustrasi. (foto/net)
Ilustrasi. (foto/net)

Pagaralam, KoranSN

Tiga rumah warga di dusun Lembah Serunting Kelurahan Rebah Tinggi Kecamatan Dempo Utara rupanya belum terbebas dari ancaman longsor. Sebabnya, tanah tebing di belakang tiga rumah itu masih labil.

Pantauan SN, Senin (4/4/2016), tebing tanah di belakang tiga rumah warga itu kembali mengalami retak-retak. Diperkirakan, sewaktu-waktu tanah ini bisa longsor lagi. Sementara itu, beberapa warga bergotong-royong. Mereka mengeruk tanah di belakang rumah mereka guna mencegah longsor tidak terulang lagi.

Agus Salim, salahseorang warga yang rumahnya terkena longsor beberapa waktu lalu mengatakan, retaknya tanah itu belum terlalu lama.

“Kalau yang retak itu baru-baru ini,” katanya.

Dia mengaku tambah was-was menakala melihat retakan tanah itu. Sebab, jika terguyur hujan lagi, bisa memicu terjadi longsor. Agar kekhawatiran itu tidak terjadi, kemarin, Agus bersama-sama warga lainnya melakukan gotong-royong. Mereka mengeruk tanah di belakang rumahnya itu.

Baca Juga :   Wako Pagaralam Panen Raya Varietas Padi Lokal

“Tanahnya kami keruk. Agar tebing tanah menjadi lebih landai. Jadi kalau ada apa-apa, tanahnya tidak langsung mengenai rumah,”terang Agus. Dia juga bertekad akan menanam pohon agar tanah semakin kuat.

Selain mencari solusi sendiri, Agus berharap, agar Pemerintah bisa ikut membantu. Caranya menurut Agus, dengan membuatkan tembok penahan.

“Kami punya satu permintaan saja kepada Pemerintah. Buatkan tembok penahan, supaya aman,” ucap Agus.

Sementara itu, Malik warga lainnya merasa sangat cemas. Sebab, longsoran tanah tersebut juga bisa mengancam keselamatan jiwa.

Baca Juga :   Pasien RSUD Kayuagung Terlantar

“Banyak anak-anak yang sering main di belakang rumah. Kalau sewaktu-waktu tanahnya longsor gimana,” keluhnya.

Terpisah, Camat Dempo Utara Drs Bahrul Hidayat menyatakan, pihaknya sudah melaporkan perihal longsor di dusun Lembah Serunting kepada pihak terkait. Tujuannya terang Dayat, agar bisa ditanggulangi dengan cepat.

“Hari ini (kemarin) kita sudah meninjau ke lokasi. Mudah-mudahan bisa segera dicari solusi yang terbaik,”jelas Dayat.

Seperti diberitakan sebelumnya, longsor yang menghantam tiga rumah warga dusun Lembah Serunting terjadi pada Jum’at lalu (1/4) sekitar pukul 16.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Kendati, pemilik rumah harus berjuang keras untuk membuang tanah bercampur air yang masuk ke dalam rumahnya. (asn)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Sidak, Sekda Lahat Januarsyah Temukan Banyak ASN Bolos dan Ruangan Kantor Terkunci

Lahat, KoranSN Tingkat disiplin ASN di Kabupaten Lahat masih jauh dari kata sempurna. Sebab masih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.