Lubuklinggau Bakal Miliki Jalan Tol

Penjabat Walikota Lubuklinggau, H. Riki Junaidi membuka Musrenbang. (foto-rifat/koransn.com)

Lubuklinggau, KoranSN

Kabar gembira bagi masyarakat Kota Lubuklinggau, tahun depan yakni 2019 mendatang akan ada pembangunan jalan tol. Pembangunan jalan tol Prabumulih-Lubuklinggau rencanaya akan direalisasikan dalam waktu dekat ini oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera).

Sebab, rencana pembangunan jalan tol dari Prabumulih-Lubuklinggau itu sudah masuk Program Strategis Nasional (PSN) Presiden Joko Widodo sehingga akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Kepala Bidang Perekonomian dan Pendanaan Pembangunan Bapeda Provinsi Sumsel, Regina Ariyanti mengatakan, rencana pembangunan jalan tol tersebut saat ini masih dalam pembahasan oleh pemerintah pusat.

“Sekarang sedang penyusunan Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) dan Feasibility Study (FS) yang ditunjuk itu sekarang adalah Hutama Karya, sekarang tengah proses,” ungkapnya saat menghadiri Musrenbang di Kota Lubuklinggau, Senin kemarin (26/3/2018).

Baca Juga :   Ajak Penyandang Cacat OKI Berkonstribusi untuk Daerah

Rencananya pembangunan jalan tol itu akan melewati dua kota, dua kabupaten dan satu Provinsi yakni Prabumulih, Muara Enim, Empat Lawang, Lubuklinggau sampai Bengkulu.

“Kita berharap rencana pembangunan jalan itu dapat direalisasikan dalam waktu dekat, minimal 2019, walau belum selesai minimal tahap pembangunannya sudah mulai,” katanya.

Regina menyebutkan dampak yang bisa dirasakan dengan bertambahnya akses transportasi darat itu yang pertama angkutan orang dan barang melalui jalur darat dan sebaliknya semakin kancar.

“Kemudian jarak tempuh semakin singkat. Hal ini akan membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi, dan munculnya kawasan industri baru,” ucapnya.

Sementara Pj Walikota Lubuklinggau Riki Junaidi menyambut baik rencana pembangunan jalan tol itu, namun ia sedikit kecewa karena pemerintah Kota Lubuklinggau pada pembahasan awal tidak ada yang hadir.

Baca Juga :   Tekan Pengangguran, Tenaga Kerja Harus Jadi Wirausaha

“Kita mintak kepada pemerintah provinsi untuk dibuat tim teknis khusus dan kita meminta kepada provinsi apabila setiap ada kegiatan untuk memberi tahu supaya pemerintah Kota Lubuklinggau bisa hadir,” jelasnya.

Bahkan apabila belum ada yang konfirmasi mewakili akan hadir, ia meminta supaya pemerintah provinsi tak segan-segan untuk mengingat secara langsung agar ada perwakilan dari Pemerintah Kota Lubuklinggau.

“Kami harapkan titik nol, titik awal pembangunan itu bisa dari Lubuklinggau bukan dari Bengkulu,” tutupnya. (rif)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Wujudkan Lumbung Pangan Nasional, OKU Timur Terus Cetak Lahan Sawah Baru

Martapura, KoranSN Bupati OKU Timur, HM Kholid Mawardi benar benar serius mewujudkan Kabupaten OKU Timur …