Home / Kota Musi / Mahasiswa AKL Tuntut Merger ke Unsri

Mahasiswa AKL Tuntut Merger ke Unsri

Ratusan mahasiswa AKL saat mendatangi gedung DPRD Sumsel.
Ratusan mahasiswa AKL saat mendatangi gedung DPRD Sumsel.

Palembang, KoranSN

Ratusan mahasiswa Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL), mendatangi gedung DPRD Sumsel, Kamis (14/4/2016). Mereka meminta AKL di merger atau digabung ke Universitas Sriwijaya (Unsri). Tuntutan ini, setelah status kelembagaan AKL sebagai pendidikan kesehatan milik pemerintah daerah (Pemda) tidak memiliki landasan hukum.

Koordinator aksi (Korak) Saparyanto, dalam orasinya mengatakan perubahan status AKL, sejak di berlakukannya undang-undang (UU) nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU 12 tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi.

“Perubahan status ini, mengancam para calon alumni ditolak saat memasuki dunia kerja, karena secara administratif, kami tidak memiliki landasan hukum,” tukas Saparyanto.

Baca Juga :   LRT Palembang Pertama Terapkan Sistem Keamanan Terpadu

Ia menerangkan, permintaan merger ke Unsri, atas solusi yang ditawarkan oleh Ombudsman RI dengan rumusan yang tertuang dalam surat nomor 046/ORI-SRT/I/2016 yakni mengalihkan lembaga pendidikan tinggi kesehatan milik Pemda kepada Kemenristekdikti dengan menggabungkannya ke salahsatu PTN di daerah tersebut.

“Oleh karena itu, kami menuntut penyelesaian masalah yang terjadi di kampus kami, dengan dilakukan merger (gabung) ke Unsri,” kata Saparyanto.

Dalam kesempatan itu, Saparyanto juga meminta DPRD Sumsel segera membentuk Pansus dalam penyelesaian masalah 280 mahasiswa AKL yang statusnya tidak jelas.

Baca Juga :   AKHOR Serahkan 102 Ribu Lebih Dukungan

“Kami juga mendesak Direktur AKL menindaklanjuti surat pernyataan kesedian bersurat ke Menristekdikti RI yang berisikan permohonan untuk melakukan merger AKL ke Unsri,” katanya.

Sementara itu, kedatangan mahasiswa AKL diterima oleh anggota Komisi V DPRD Sumsel Rizal Keneddy didampingi Mardiansyah, Askweni, Hasbi Hasidiqi dan Nurwati Wahab.

Rizal mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti persoalan mahasiswa AKL dan akan mendatangi Kemenristekdikti dan Kemenkes RI. “Kami akan mencari solusi kepada kampus mana merger dapat dilakukan,” tandas Politisi PPP ini. (awj)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Cegah Kebakaran Lahan, Babinsa Kodim Palembang Tingkatkan Patroli dan Sosialisasi

Palembang, KoranSN Guna mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di kawasan yang rawan kebakaran, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.