Mahasiswa Dapat Ikut Serta Wujudkan Smart City

gggg
GES – Tampak Adios Purnama ST saat menjadi pembicara dalam kegiatan Gebyar Elektro Sriwijaya (GES) 2016 di Grand Atyasa Palembang. (foto-ist)

Palembang, KoranSN

Dalam mewujudkan smart city mahasiswa juga dapat ikut serta melalui penelitian mereka. Demikian diungkapkan Country Manager ALCATEL-LUCENT ENTERPRISE INDONESIA, Adios Purnama ST saat menjadi pembicara dalam kegiatan Gebyar Elektro Sriwijaya (GES) 2016 di Grand Atyasa Palembang.

“Dengan penelitian mereka (mahasiswa) maka dapat berguna untuk pengembangan teknologi yang ada,” katanya, Selasa (8/11/2016).

Dijelaskannya, aspek dalam membangun smart city yakni hardware, software serta Sumber Daya Manusia (SDM) nya. Menurut Adios, dengan teknologi yang semakin berkembang maka kesenjangan juga akan semakin tertutupi. “Karena itu, mahasiswa inilah yang akan menjadi SDM nya,” ujar Adios didampingi oleh Gubernur Mahasiswa Fakultas Teknik Unsri, Rahmat Farizal selaku moderator.

Sementara itu, Penemu 4G OFDM tanpa Cyclic Prefix dan Pemilik Paten Standard Broadband Internasional ITU, Dr. Eng. Khoirul Anwar mengatakan setiap generasi itu memiliki teknologi yang berbeda. Meskipun begitu, hardware yang lama tetap dapat berguna dan diperjualbelikan tetapi secara virtual.

“Kami berharap generasi selanjutnya (5G) akan mendapatkan koneksi sinyal secara merata di setiap wilayah,” katanya didampingi oleh Dosen sekaligus alumni dari Teknik Elektro Unsri angkatan 2002, bapak Abdul Daris Dalimunthe.

Baca Juga :   Dodi Reza Terus Tingkatkan Fasilitas RSUD Sekayu

Ditempat yang sama, Honorary Member of American Health Information Management, Dr dra Gemala Rabiah Hatta juga menambahkan, saat ini perkembangan teknologi sudah semakin pesat. Bahkan, dengan kecanggihan saat ini dengan password speech recognition dapat mempermudah pengenalan identitas seseorang. Selain itu juga rekam medis. Dimana rekam medis tersebut yakni komputerisasi isi rekam kesehatan serta proses elektronisasi yang terkait.

“Di Amerika, rekam kesehatan yang terintegrasi (RKI) itu tersusun dengan baku, sedangkan di Indonesia RKI itu tergantung dari vendor,” kata anak dari Bung Hatta ini didampingi mahasiswa Teknik Elektro Unsri Angkatan 2014, Molly Zaza Kurnia sebagai moderator.

Seperti diketahui, dalam penggunaan teknologi tentunya diperlukan tenaga listrik. Karena itu, Manager PT PLN (Persero) area Palembang wilayah S2JB, Selamat DS ST diundang dalam kegiatan GES tersebut. Dalam kesempatan ini Selamat mengatakan bahwa PT. PLN sudah mempersiapkan gardu induk yang ada palembang. Kemudian lebih meningkatkan sumber energi yang ada karena untuk mengembangkan pembangkit dengan energi alternatif agak sulit.

Baca Juga :   Disperindagkop Gelar Pasar Murah

“Kedepan harapan kami semua kabel distribusi menggunakan saluran tanah tetapi secara bertahap. Selain itu, kami juga akan terus menyukseskan Asian Games 2016,” katanya didampingi oleh Mahasiswa Teknik Elektro Unsri angkatan 2012, Febri Mahendra sebagai moderator.

Untuk diketahui, acara GES 2016 kali ini dibuka dengan pemotongan pemotongan tumpeng oleh Wakil Dekan III Fakultas Teknik, Ir H Hairul Alwani HA MM dan diakhir kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama. (wik)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Decky Canser

Avatar

Lihat Juga

TP PKK Sumsel Sinergikan Program Kerja Tahun 2021

Palembang, KoranSN Meskipun pandemi Covid-19 masih terjadi dan mempengaruhi seluruh lini kehidupan, tak terkecuali kegiatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.