Mahasiswa Terdampak Covid-19 Dapat Bantuan Rp 750 Ribu

Susyanto Tunut, Jubir percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Muratara. (foto-antaranews)

Muratara, KoranSN

Bantuan mahasiswa terdampak Covid-19 dan bantuan sosial (Bansos) Sembako tahap II akan disalurkan Jumat (24/7/2020). Hal ini dikatakan oleh Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Susyanto Tunut melalui keterangan persnya, Kamis (23/7/2020).

“Insya Allah besok pagi (Jum’at, 24 Juli 2020) akan dilangsungkan penyerahan bantuan mahasiswa dan bantuan bahan pangan (Sembako) tahap dua bagi masyarakat terdampak Covid-19 Kabupaten Muratara,” katanya.

Susyanto mengungkapkan, penyerahan bantuan akan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Muratara, Dandim 0406 MLM, Kapolres Muratara di halaman Kantor Bupati Muratara untuk Kecamatan Rupit, kemudian untuk Kecamatan Rawas Ulu dipusatkan di Desa Remban.

“Kegiatan ini mengawali penyaluran bantuan terhadap 1.966 mahasiswa penerima Bantuan Mahasiswa dan 25.441 Kepala Keluarga (KK) penerima bantuan bahan pangan tahap dua,” bebernya.

Terkait bantuan untuk mahasiswa lanjut Susyanto, Bupati Muratara melalui Gugus Tugas telah memutuskan menambah alokasi anggaran bantuan mahasiswa, sehingga besaran dana yang diterima oleh masing-masing mahasiswa cukup pantas dan memadai yaitu sebesar Rp 750.000 per orang.

“Penyaluran bantuan mahasiswa ini dengan cara melalui rekening mahasiswa yang telah diverifikasi dan dinyatakan valid serta telah menyampaikan Surat Permohonan (berlaku untuk semua yang dinyatakan valid) dan Surat Pernyataan (tidak sedang menerima bantuan pendidikan dari Pemerintah) bagi mahasiswa yang kuliah di luar Musi Rawas, Lubuklinggau, dan Muratara. Apabila mahasiswa yang telah dinyatakan valid ternyata tidak menyampaikan dokumen dimaksud hingga tanggal 5 Agustus 2020, dianggap mengundurkan diri dan bantuan tidak akan disalurkan untuk mahasiswa yang bersangkutan,” jelasnya.

Baca Juga :   Muratara Siap Jadi Tuan Rumah STQ Tingkat Provinsi

Sebagai informasi kata Susyanto, hingga saat ini baru 734 mahasiswa calon penerima bantuan yang dinyatakan valid dam telah memenuhi kedua dokumen tersebut di atas.

Selanjutnya, terkait penyaluran bantuan sembako terdampak Covid-19 tahap dua ini terdapat sedikit perbedaan dengan penyaluran tahap satu beberapa waktu lalu yaitu menyangkut tata cara dan isi paket bantuan.

“Untuk tahap dua ini penyaluran sembakonya dilaksanakan dengan titik bagi di Kantor/Gudang Desa kemudian serah terima dilakukan oleh penyedia barang ke Kepala Desa disaksikan oleh Tim Distribusi dari Personil TNI/Polri dan relawan,” terangnya.

Lebih jauh Susyanto Tunut mengatakan, sebelumnya telah dibagikan kupon oleh relawan kepada masyarakat yang berhak menerima bantuan sesuai dengan daftar lampiran keputusan Bupati.

“Masyarakat yang telah menerima kupon, dapat menukarkan kuponnya dengan paket bantuan sembako kepada Kepala Desa setempat. Adapun isi paket sembako terdiri dari 10 Kg beras premium, 2 Kg gula putih, 2 liter minyak goreng, dan 1 botol (@330 ml) sirup limau,” bebernya.

Baca Juga :   Upah Tukang Program BSPS di Muratara Cair 100 Persen

Masih dikatakan Jubir, untuk penyaluran bantuan berikutnya pihaknya telah memberikan jadwal berikut ini yaitu hari sabtu tanggal 25 Juli 2020 di Kecamatan Nibung yang dipusatkan di SP 10. Kemudian hari Senin tanggal 27 Juli 2020 di Kecamatan Karang Jaya yang akan dipusatkan di Kelurahan Karang Jaya dan Kecamatan Karang Dapo dipusatkan di Desa Biaro.

“Setelah itu hari selasa tanggal 28 Juli 2020 di Kecamatan Ulu Rawas yang akan dipusatkan di Kelurahan Muara Kulam. Terakhir hari Rabu tanggal 29 Juli 2020 di Kecamatan Rawas Ilir yang akan dipusatkan di Desa Pauh dan Desa Pauh I,” tutupnya. (snd)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Tahun 2021, Gaji Guru Honorer di Muratara Naik Jadi Satu Juta

Muratara, KoranSN Kabar gembira buat tenaga pendidik di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). Pasalnya, pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.