Makan Nanas Bisa Redakan Nyeri Haid

Buah nanas. (foto-net)

BUAH nanas nikmat baik dijadikan sebagai hidangan penutup ataupun dalam bentuk olahan seperti selai, hingga es buah. Kesegaran serta kandungan air di dalam nanas selalu bisa diandalkan terutama di musim panas. Di balik kesegaran dan manisnya buah yang tak kenal musim ini, ternyata banyak mitos yang dipercaya masyarakat bahwa nanas bisa menyebabkan wanita keguguran. Benarkah?

Spesialis gizi klinis dr. Christopher Andrian, SpGK mengatakan bahwa nanas aman jika dikonsumsi dalam jumlah terbatas, namun kandungan enzim bromelain pada buah nanas bisa menjadi abortivum yang dapat menyebabkan keguguran kandungan pada ibu hamil jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dalam sekali makan. Tak hanya itu dr. Christopher juga meluruskan mitos seputar konsumsi nanas.

Baca Juga :   Wapres: Kalau Tidak Dibenahi, BPJS Kesehatan Akan Semakin Parah

1. Bisa cegah kanker

“Nanas mengandung banyak vitamin, antioksidan, bromelain, nanas bersifat sebagai antioksidan sehingga bisa mencegah radikal bebas,” ujarnya.

2. Membakar lemak

Kalau selama ini percaya bahwa nanas bisa membantu membakar lemak, sebaiknya jangan lagi percaya, karena meski tinggi karbohidrat, vitamin dan serat, nanas tidak memiliki efek untuk menurunkan dan membakar lemak. Tapi bukan berarti nanas tidak bisa untuk diet.

“Bisa untuk diet tapi tidak dijus, melainkan dikonsumsi dalam bentuk buah segar dan utuh,” ujarnya.

Baca Juga :   Kemenristek: Kesehatan dan Obat Masuk Prioritas Nasional

3. Redakan nyeri haid

Bagi wanita, jika saat datang bulan dan merasa nyeri, coba konsumsi buah nanas. Itu karena nanas memiliki sifat antiinflamasi.

“Kandungan bromelain yang memiliki sifat antiinflamasi, sehingga pada wanita yang sedang datang bulan bisa mengurangi radang dalam tubuh dan mengurangi nyeri saat haid,” ujarnya. (viva.co.id)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Air Mineral Hantarkan Listrik Karena Mengandung Besi? Cek faktanya!

Jakarta, KoranSN Sebuah video berjudul “Awas Air Mineral Mengandung Zat Besi Tinggi” beredar di kanal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.