Home / Kota Musi / Maret, Surat Suara Pemilu 2019 Tiba di Sumsel

Maret, Surat Suara Pemilu 2019 Tiba di Sumsel

Kelly Marian. (foto-ist)

Palembang, KoranSN

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah mulai melakukan pencetakan surat suara pemilihan umum (Pemilu) 2019. Diperkirakan Maret nanti, surat suara tersebut sudah terdistribusi ke kabupaten/kota di Indonesia, termasuk Sumsel.

Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana mengatakan, waktu yang dibutuhkan untuk produksi dan distribusi surat suara ini diperkirakan sekitar 60 hari. Prioritas pengiriman tentu ke daerah-daerah dengan tantangan geografis yang berat.

“Diharapkan pada pertengahan Maret 2019 seluruh surat suara telah dikirim ke KPU kabupaten/kota. Dengan demikian, masih cukup waktu untuk melakukan penyortiran, penghitungan, pengepakan, dan pengiriman secara berjenjang dari KPU kabupaten/kota ke kecamatan, desa/kelurahan, hingga TPS,” ungkap Kelly.

Baca Juga :   Pramuka Sumsel Ikuti Jambore Dunia

Ia menuturkan, KPU Sumsel sendiri sudah menyiapkan 5 rute zona distribusi logistik dari pabrik rekanan ke masing-masing KPU kabupaten/kota.

Rute pertama yakni OKU-OKUS-OKUT, rute kedua Kabupaten Empat Lawang-Lubuklinggau-Musi Rawas-Muratara, rute ketiga Kabupaten Muara Enim-Lahat-Kota Pagaralam, rute keempat Kota Prabumulih-PALI-OKI-OI dan rute kelima, Kota Palembang-Banyuasin-Kabupaten Musi Banyuasin.

Di sisi lain dikatakan Kelly, pelelangan surat suara sendiri sudah berlangsung dari Januari ini dan pemenangnya sudah ditetapkan.

“Pelaksana pelelangan, yaitu biro logistik Kesekjenan KPU RI. Hari minggu kemarin, KPU RI, bersama dengan Bawaslu RI, DKPP, dan Komisi II DPR RI, mengadakan kunjungan ke beberapa pabrik penyedia surat suara untuk Pemilu 2019,” terang Kelly.

Baca Juga :   1.300 Anak Ikuti Karnaval

Lanjutnya, setelah melalui proses lelang secara elektronik (e-katalog), terdapat enam pemenang, yakni PT Aksara Grafika Pratama (Jakarta), Konsorsium PT Balai Pustaka (Jakarta), Konsorsium PT Temprina Media Grafika (Gresik, Jatim), Konsorsium PT Gramedia (Jakarta), PT Adi Perkasa (Makassar), dan Konsorsium PT Puri Panca Pujibangun (Surabaya).

Total surat suara yg dicetak adalah 939.879.651 lembar dengan biaya sebesar Rp. 603.342.100.900. Dalam pengadaan surat suara ini KPU berhasil melakukan penghematan Rp 269.349.301.525 atau 30.86%

“Jika dihitung dari Harga Perkiraan Satuan (HPS, Rp. 872.691.402.425). Jika dihitung dari pagu anggaran (Rp 894.720.293.000), maka efisiensinya sebesar Rp. 291.378.192.100 atau 32.57%,” pungkas Kelly. (awj)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Pemkot dan BBPOM Palembang Bangun Sistem Stikerisasi Pangan Aman Konsumsi

Palembang, KoranSN Pemerintah Kota Palembang dan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) akan membangun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.