Marwan Ajak Masyarakat Ciptakan Menu Sumberdaya Lokal

Wakil Bupati Lahat, Marwan Mansyur SH MM bersama isteri dan beberapa kepala SKPD mencicipi menu masakan lokal non beras dan sagu.

Lahat, SN

Wakil Bupati Lahat, Marwan Mansyur SH MM mengajak lapisan masyarakat  menciptakan dan membiasakan menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumberdaya lokal, sehingga dapat mengurangi ketergantungan terhadap pangan pokok beras. Hal ini dikatakn Marwan kepada wartawan usai lomba menu B2SA yang dilaksanakan Badan Ketahanan Pangan Lahat, Kamis (11/6) di Gedung Kesenian.

Marwan Mansyur menyampaikan, memasyarakatkan dan membiasakan keluarga untuk mengkonsumsi beraneka  ragam menu makanan sehari-hari sehingga dapat mengurangi ketergantungan terhadap pangan pokok beras dan terigu. Selanjutnya juga dirinya mengarahkan badan ketahanan pangan, kedepan dapat melibatkan semua SKPD dan masyarakat untuk mengikuti perlombaan tersebut.

“Tahun Depan Badan Ketahanan Pangan dapat mengajak dan tampilkan semua SKPD ikut lomba, termasuk masyarakat, melewati kades, lurah, RT untuk meningkatkan sosialisasi mengajak masyarakat menciptkan bahan-bahan makanan,” papar Marwan.

Baca Juga :   Rawat Makam Keramat Sebagai Cagar Budaya

Dari pantauan Koran Suara Nusantara Marwan bersama puluhan kepala SKPD dan Camat nampak mencicipi beragam masakan dari peserta lomba.

Sementara itu Kepala Badan ketahanan pangan Kabupaten Lahat H Hasnul Basri SH MM menyampaikan, tujuan diadakannya lomba ini antara lain memotivasi dan membiasakan masyarakat untuk memanfatkan menu makanan lokal selain beras.

“Termasuk Meningkatkan pengetahuan masyarkat akan pentingnya konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman,” ujar dia.

Ditambahkan Hasnul yang mendampingi Marwan saat diwawancarai wartawan tujuan lain dari sosialissi ini ialah mendorong dan meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam pengembangan atau menciptakan menu makanan beragam seimbang dan aman berbasis sumberdaya lokal.

Terpisah, Tina Samsul Ketua Tim Penggerak PKK, Kecamatan Tanjung tebat salah satu peserta lomba Lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumberdaya lokal tahun 2015 ini mengatakan, menu pariatif yang disajikan untuk lomba kali ini, dengan memanfaatkan tanaman lokal selain beras, maka dirinya bersama masyarakat lainnya mencoba beberapa parian khas di wilayah kecamatan tanjung tebat.

Baca Juga :   Bupati Evaluasi SAKIP

“Di lomba ini kita menyajikan parian yang beragam dari tanam tumbuh didaerahnya kecuali beras,” pungkas Tina. (fiz)

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Bapaslon HERO Dinyatakan Memenuhi Syarat

PALI, KoranSN Setelah rapat pleno terbuka Hasil Penelitian Keabsahan Dokumen Persyaratan Calon, Komisi Pemilihan Umum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.