Home / Pesta Demokrasi / Masa Tenang Rawan Money Politic & Hoax

Masa Tenang Rawan Money Politic & Hoax


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Mengajak Masyarakat untuk datang Ke TPS dan menggunakan hak pilih
JELANG PEMILU – KPU, Banwaslu dan petugas keamanan TNI Polri siap menyelangarakan dan mengamankan Pemilu serentak di Provinsi Sumsel. Tampak, suasana pelepasan logistik dan apel pengamanan Pemilu 2019. (foto-ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Money politic dan penyebaran hoax menjadi salah satu kerawanan dalam masa tenang Pemilu 2019 saat ini. Untuk itulah Polda Sumsel menggandeng dan berkoordinasi dengan Mabes Polri menurunkan tim anti money politic dan Cyber Crime.

Demikian dikatakan Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnian Adinegara usai apel pergeseran BKO 1.154 anggota Polda Sumsel untuk diperbantukan ke Polres dan Polresta di Sumsel dalam rangka pengamanan TPS Pemilu 2019 di halaman Mapolda Sumsel.

“Pada masa tenang ini kami berkoordinasi dengan Mabes Polri menurunkan Tim Anti Money politic dan penyebaran hoax,” katanya.

Menurut Kapoda, selain money politic dan hoax juga ada potensi kerawanan lainnya yang mesti diantisipasi, diantaranya; konflik antar pendukung Capres, Parpol peserta Pemilu dan Caleg, isu SARA dan unjuk rasa dengan mengerahkan massa hingga berpotensi anarkhis yang bertujuan menolak hasil pemungutan suara, penculikan petugas pelaksana pemungutan suara, intimidasi kepada pemilih, manipulasi suara atau penggelembungan suara serta beberapa kerawanan konvensional lainnya.

“Untuk itu saya memerintahkan kepada seluruh petugas pengamanan untuk mempertajam deteksi dini terhadap perkembangan situasi yang berpotensi mengarah menjadi gangguan Kamtibmas, serta lakukan tindakan tegas kepada setiap pelaku dari kelompok manapun yang melanggar hukum,” tegas Kapolda.

Pengamanan yang dilakukan lanjut Kapolda, pada dasarnya bertujuan untuk melindungi kepentingan masyarakat luas. Untuk itulah dalam pengamanan setiap personil jangan meremehkan setiap kejadian yang berpotensi menjadi gangguan Kamtibmas, karena kejadian yang kecil dapat berkembang menjadi masalah kompleks apabila tidak diantisipasi sejak dini.

Baca Juga :   Luar Biasa, Ratusan Ibu-Ibu Hantarkan Nanan-Sulaiman Kampanye

“Sukses dan amannya Pemilu 2019 tentunya menjadi perhatian Polri karena menjadi tolak ukur keberhasilan pengamanan Pemilu serentak terbesar yang pernah dilaksanakan di Indonesia, serta demi terwujudnya pemerintahan yang demokratis sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Lebih jauh diungkapkan Kapolda, dalam Pemilu serentak 2019 ini terdapat 25.326 TPS se-Sumsel, dimana dari jumlah tersebut ada 853 TPS yang dinilai rawan. Untuk itulah dalam pengamanan yang dilakukan Polda Sumsel dan Pores serta Polresta di Sumsel menurunkan total personil kepolisian sebanyak 11.985 anggota.

“Untuk 853 TPS yang dinilai rawan karena memiliki histori kejadian atau permasalahan pada Pilkada yang lalu, seperti misalnya Empat Lawang. Selain itu TPS Rawan juga dinilai dari geografi wilayahnya misalnya kawasan perairan dan pegunungan,” kata Kapolda.

Lebih jauh dikatakan Kapolda, sedangkan untuk personil kepolisian Polda Sumsel yang pada apel ini dilepas atau digeser bertujuan untuk ditugaskan memberikan dukungan berupa tambahan personil kepada satuan kewilayahan dalam mengamankan Pemilu serentak 17 April 2019 mendatang, yakni Pemilihan Presiden-Wakil Presiden, Pemilihan Anggota DPD RI, Anggota DPR RI, Anggota DPRD Kota dan Kabupaten.

“Tentunya Pemilu serentak ini berpotensi menimbulkan kerawanan pada saat tahapan pemungutan suara dan penghitungan suara.Oleh sebab itu sangat diperlukan keseriusan, kesungguhan dan kehati-hatian setiap personil kepolisian dalam melaksanakan tugas pengamanan demi terlaksananya pesta demokrasi yang aman dan demokratis,” tandas Kapolda.

Baca Juga :   Forbes Dodi-Giri Target 75 Persen Suara di Palembang

Sementara Gubernur Sumsel, H Herman Deru yang menghadiri apel pergeseran pasukan di Polda Sumsel mengatakan, TNI Polri dan penyelenggara Pemilu terlihat sudah siap menyelenggarakan Pemilu di Sumsel.
“Saya melihat kesiapan TNI Polri dan penyelenggara Pemilu, dan yang paling utama kita bisa mempertahankan Sumsel menjadi wilayah zero konflik,” katanya.

Menurut gubernur, bahkan sebelumnya dirinya sudah meninjau kesiapan Pemilu di kawasan perairan yang ternyata di lokasi tersebut sejak beberapa hari yang lalu logistik Pemilu telah tiba.

“Kita sudah cek serta meninjau kawasan perairan, di sana medannya sulit tapi logistik sudah sampai dan TPS sudah dibuat, bahkan sumber daya manusia (SDM) sudah siap. Ini artinya, KPU dan Banwaslu sudah siap,” ujarnya.

Lanjut Gubernur Herman Deru, dengan telah siapnya pelaksanaan Pemilu 2019 maka tinggal menunggu pelaksanaannya saja.

“Dalam pelaksanaan Pemilu ini kita harapkan tingkat partisipasi memilih warga tinggi. Apalagi masyarakat yang mempunyai hak suara saat ini sudah memiliki percaya diri menggunakan hak pilih mereka secara langsung, umum, bebas dan rahasia. Nah, tinggal hanya suara hak pilih dari masyarakat tersebut harus terkanal dengan baik melalui proses demokrasi,” ungkapnya.

Sementara untuk masyarakat yang terkendala di persoalan untuk menggunakan hak suaranya terkait KTP yang bermasalah atau belum mempunyai KTP, atau tidak mendapat surat undangan, Herman Deru menuturkan, jika masyarakat bisa memakai Surat keterangan (Suket) yang menjadi salah satu opsi bisa dipakai pemilih untuk menggunakan hak pilihnya.

“Misalnya belum ada undangan, tapi dia punya KTP atau misalnya juga tidak ada KTP tapi dia ada Suket, itu ada aturanya semua. Saya yakin polisi sudah dibekali dengan aturan-aturan untuk membantu petugas TPS,” pungkasnya. (ded)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Bawaslu Rekomendasi Pemungutan Suara Susulan, Lanjutan dan Pemungutan Ulang di Sumsel

Palembang, KoranSN Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) merekomendasikan agar dilaksanakan Pemungutan Suara Susulan (PSS), Pemungutan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.