Masyarakat Diminta Cari Informasi Tentang Vaksin yang Benar

Screenshot dialog KPCPEN. (Foto-SN/Anasrul)

Jakarta, koranSN

Sembari menunggu kedatangan vaksin, dr. Dirga Sakti Rambe, Vaksinolog meminta kepada masyarakat agar perlu mengetahui informasi yang benar terkait vaksin.

“Informasi yang benar dan terpercaya memberikan pemahaman yang lebih baik bagi masyarakat dan mengurangi keresahan dan keraguan yang timbul dari penyebaran informasi hoaks terkait vaksin. Karena sekarang banyak sekali informasi yang tidak benar. Kedua, vaksin apa pun yang sudah mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah dipastikan efektivitas dan keamanannya,” terang dr. Dirga, dalam Dialog Produktif bertema Setelah Vaksin Datang, Apa yang Perlu Disiapkan? yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Senin (30/11/2020).

Selain itu, dr Dirga juga menjelaskan bahwa vaksin itu produk biologis yang sangat rentan pada perubahan suhu. Oleh karena itu, umumnya perlu disimpan pada suhu 2-8 derajat celcius, dan suhu ini harus dijaga dari pabrik sampai ke puskesmas. Ini yang disebut cold chain (rantai dingin).
“Kemudian, Indonesia punya BUMN farmasi yang terpercaya, Bio Farma yang sudah memproduksi vaksin untuk diekspor ke 106 negara lebih, dan sudah diakui WHO. Ini tugas kita bersama untuk menjaga cold chain,” tambahnya.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Disarankan Kawal Pemberian Nama Laut Natuna Utara

Indonesia sendiri bukan sekali atau dua kali melaksanakan program vaksinasi yang dikenal juga dengan program imunisasi rutin. Proses distribusi vaksin di Indonesia dari Aceh sampai Papua sudah menggunakan sistem cold chain yang baik, hingga ke pelosok negeri.

“Kelengkapannya sudah standar misalkannya cold box, itu sudah tersedia semua di Indonesia. Masyarakat yang akan mendapatkan vaksinasi nantinya adalah orang dalam kondisi sehat. Untuk vaksin COVID-19 sendiri diberikan kepada dewasa dengan rentang usia 18-59 tahun. Nanti dokter atau tenaga kesehatan yang menjadi petugas pasti akan melakukan pemeriksaan (screening) sebelum diberikan vaksin. Yang penting pada hari tersebut kita merasa sehat secara umum,” tegas dr Dirga.  HALAMAN SELANJUTNYA  >>

Baca Juga :   Kasus Positif dan Kematian COVID-19 Mingguan Turun
Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Rabu, Komjen Listyo Sigit Dilantik Kapolri

Jakarta, KoranSN Presiden Joko Widodo rencananya melantik, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo secara resmi sebagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.