Senin , Desember 17 2018
Home / Gema Sriwijaya / Masyarakat Dituntut Sadar Membayar Pajak

Masyarakat Dituntut Sadar Membayar Pajak

Penjabat Bupati Muara Enim, Teddy Meilwansyah saat membuka Pekan Pemungutan dan Pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan. (foto-yudi/koransn.com)

Muara Enim, KoranSN

Pembayaran pajak daerah serta retribusi daerah, penetapan dan penyampaiannya sudah masuk tahun ke-4, prestasi yang membanggakan, atas antusias warga masyarakat yang sadar akan pentingnya membayar pajak demi kelangsungan pembangunan bagi Kabupaten Muara Enim.

Demikian dikatakan Penjabat Bupati Muara Enim Teddy Meilwansyah, S.STP, MM, saat Membuka Pekan Pemungutan dan Pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Tahun 2018, di Halaman Kantor Kecamatan Lubai.

“Selain pembangunan daerah melalui pajak, kita mengelola aset daerah lainnya untuk bisa menggerakkan perekonomian,”sambung Teddy lagi.

Pj Bupati Muara Enim mengapresiasi kegiatan ini, antusias warga untuk melunasi PBB ditahun 2018 meningkat. Dengan diberikannya penghargaan sebanyak 33 desa yang berada di Kabupaten Muara Enim dalam pencapaiannya melunasi pajak bumi bangunan.

Baca Juga :   Pendapatan Pajak Rokok Rp 28,9 M, Dinkes Banyuasin Diminta Transparan

Menurutnya, wacana akan menjadikan Kota Tanjung Enim sebagai Kota destinasi wisata sudah mulai dilaksanakan, menjadikan Kota Tanjung Enim sebagai objek wisata tambang, seperti halnya Banyuwangi dan Sawalunto, supaya pajak terus mengalir, bukan hanya dari Retribusi Daerah, ataupun Sumber Daya Alam lainnya, melainkan memanfaatkan Sumber Daya Alam untuk sebagai penggerak perekonomian Kabupaten dengan menjadikannya objek wisata yang bisa dinikmati untuk generasi berikutnya.

Pajak bumi dan bangunan (PBB) adalah pajak yang dipungut atas tanah dan bangunan karena adanya keuntungan dan/atau kedudukan sosial ekonomi yang lebih baik bagi orang atau badan yang mempunyai suatu hak atasnya atau memperoleh manfaat dari padanya.

Baca Juga :   Plt Bupati OKI Ajak Masyarakat Ciptakan Pilkada Damai, Jujur & Adil

Dengan berlakunya undang-undang nomor 28 tahun 2007 tentang pajak dan Retribusi Daerah maka kewenangan pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan sektor Pedesaan dan Perkotaan (PBB P2) telah diserahkan ke pemerintah kabupaten/kota. Sedangkan, PBB sektor Pertambangan, Perhutanan, dan Perkebunan (PBB P3) masih berada di bawah kewenangan pemerintah pusat dalam hal ini Direktorat Jenderal Pajak.

Dalam hal ini Badan Pendaatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Muara Enim sudah berperan aktif guna memajukan antusias warga untuk membayar pajak, menggunakan metode baik mobile serta menjemput bola, datang langsung menemui warga. (yud)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Muba Miliki Storage Minyak Pertama di Indonesia yang Dikelola BUMD

Sekayu, KoranSN PT Petro Muba, semakin menancapkan perannya untuk berkiprah lebih jauh di bidang pengelolaan ...

error: Content is protected !!