Home / Gema Sriwijaya / Masyarakat Tanjung Enim Dapat Sosialisasi Wisata

Masyarakat Tanjung Enim Dapat Sosialisasi Wisata

Masyarakat Tanjung Enim saat Sosialisasi Program Wisata. (foto-yudi/koransn.com)

Muara Enim, KoranSN

Pemerintah Kabupaten Muara Enim Kecamatan Lawang Kidul dan PT Bukit Asam (PTBA) menggelar sosialisasi Tanjung Enim Kota Wisata kepada masyarakat, RT, RW, Kades, dan Lurah berlangsung di Kamar Bola Kantor PTBA, selasa (6/11/2018).

Dalam acara ini masyarakat diminta untuk mendukung program Tanjung Enim Menjadi Kota Wisata program PTBA bersama pemkab Muara Enim.

Ketua Program Tanjung Enim Kota Wisata, Budi Lesmono mengakui, banyak sekali potensi yang dapat digali oleh masyarakat di Kecamatan Lawang Kidul dengan adanya program kota Wisata ini. Seperti, jasa penginapan, oleh-oleh, sovenir, songket, dan lainnya. Selain itu, PTBA juga akan menghubungkan paket wisata Tanjung Enim, Tanjung Agung, dan Semende.

“Ketika wisatawan datang ke Tanjung Enim kalau bisa tidak hanya satu hari, wisatawan bisa menginap di Tanjung Enim, misal wisatawan dari Bedegung, dan Semende menginapnya di Tanjung Enim. Jadi warga harus menangkap peluang usaha dengan adanya kota wisata ini,”ulas Budi.

Baca Juga :   50 Meter Jalan Wisata Lematang Tertimbun Longsor

Sama halnya diutarakan Senior Manager CSR PTBA, Kanthi Miarsho kepada masyarakat Tanjung Enim mengatakan, dalam hal ini CSR PTBA akan membuat program pemberdayaan sebagai upaya perusahaan mempersiapkan SDM lokal menyongsong Tanjung Enim menjadi kota wisata.

“Kita akan membantu memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dengan membuat program pemberdayaan masyarakat. Salah satu contohnya adalah memberikan bantuan listrik gratis bagi warga tidak mampu,”jelasnya.

Sementera itu, Camat Lawang Kidul, Drs Rahmad Noviar MSi mengatakan, program penataan wilayah Tanjung Enim menjadi kota wisata ini sudah menjadi komitmen dari Pemerintah Kabupaten Muara Enim bersama PT Bukit Asam.

Baca Juga :   Tiga Sekolah di Muara Enim Sudah Miliki UPZ

Program ini menurut Rahmad, diharapkan akan mendapatkan dukungan dari masyarakat khususnya ndi Kecamatan Lawang Kidul. Kedepan akan ada beberapa titik-titik penunjang kota wisata bakal dibangun PTBA.

“Mulai dari Pasar Bawah, sampai dengan Pasar Baru Tanjung Enim, termasuk relokasi pasar buah. Kemudian untuk master plannya sudah dibuat oleh PTBA dan akan segera dikerjakan,”terang Rahmad Noviar.

Ditambahkan Rahmad, masyarakat juga perlu merubah perilaku sosialnya sebagai tuan rumah yang ramah terhadap wisatawan yang mendatangi Kota Tanjung Enim. Bahkan diharapkan juga masyarakat dapat membuat peluang usaha guna melengkapi kebutuhan wisatawan yang datang berlibur.

“Artinya semua ini perlu didukung masyarakat, dan dengan adanya program ini masyarakat dapat mengambil peluang usaha yang dapat dikerjakan untuk mendukung kota wisata,”ungkap Rahmad. (yud)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Sidak, Sekda Lahat Januarsyah Temukan Banyak ASN Bolos dan Ruangan Kantor Terkunci

Lahat, KoranSN Tingkat disiplin ASN di Kabupaten Lahat masih jauh dari kata sempurna. Sebab masih …