Mau Umroh Gratis, Donorkan Darahmu

PMI – Warga Kayuagung saat mendonorkan darahnya ke PMI OKI. (foto-maniso/koransn.com)

Kayuagung, KoranSN

Berangkat umroh ke tanah suci tak lagi harus mengantongi dana pribadi hingga puluhan juta rupiah. Cukup mendonorkan darah hingga 50 kali, impian umroh bisa terwujud.  Demikian program yang diusulkan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Ogan Komering Ilir (OKI) ke Pemkab OKI untuk menarik dan menambah jumlah pendonor darah.

Ketua PMI OKI, Hj Lindasari didampingi dr H Fikram (wakil ketua) dan Sirni Lestari SAg (sekretaris) kemarin mengatakan, pendonor darah memang sudah selayaknya diberikan apresiasi karena pendonor telah membantu menyelamatkan nyawa pasien.

“Bagi warga yang telah 100 kali  berdonor darah akan mendapatkan Pin emas dari Presiden RI. Sedangkan yang telah 50 kali berdonor, kami usulkan ke Pemkab OKI agar diumrohkan gratis menggunakan biaya dari APBD OKI,” ujarnya Sirni Lestari.

Baca Juga :   Ilyas Buka Pawai Forum Kades

Katanya, program umroh gratis itu besar kemungkinan diwujudkan Pemkab OKI, karena pemerintah pasti memberikan apresiasi kepada warga yang telah banyak berbuat kebaikan kepada sesama dan membantu program pemerintah di bidang kesehatan.  PMI OKI juga sangat gesit melakukan jemput bola pendonor darah.

“Kami  siap menelpon pendonor untuk mendonorkan darahnya. Semua pendonor telah didata. Tujuannya, saat diperlukan,  mereka siap mendonorkan darah asalkan dinyatakan sehat dan layak,” tuturnya.

Sirni Lestari menegaskan, PMI OKI setiap bulan membutuhkan lebih kurang 150 kantong darah yang banyak dialokasi ke Bagian Kebidanan dan Bagian Bedah RSUD Kayuagung. Persediaan darah terbanyak pada golongan darah O, A dan B.  “Stok darah yang langka yakni golongan darah AB,” kata Sirni.

Baca Juga :   Januasyah: Masyarakat Jangan Mudah Percaya dengan Info Penerimaan CPNS di Empat Lawang

PMI Cabang OKI rutin sebulan sekali menggelar donor darah, bahkan bulan ini sudah 3 kali menggelar donor untuk memenuhi kebutuhan darah di bulan Ramadhan karena sangat jarang bulan puasa ada pendonor. (iso)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Herman Deru: Saatnya Kita Berbuat Nyata Untuk Kelestarian Alam

OKUT, KoranSN Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru mengatakan, momentum peringatan Hari Lingkungan …