Mei, Sensus Ekonomi Dilakukan

logo sensus ekonomi 2016
Palembang, KoranSN

Bulan Mei mendatang, Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan sensus ekonomi. Hal tersebut diungkapkan Kepala BPS Sumsel, Yos Rusdiansyah, Sabtu (16/4/2016).

“Sensus ekonomi 2016 ini dilakukan selama satu bulan, guna untuk memperbaharui data ekonomi sebagai bahan pengambilan kebijakan,” katanya.

Sensus ekonomi ini sendiri, lanjutnya, akan dilakukan serentak di Indonesia, meliputi semua aktivitas ekonomi akan diliput, kecuali aktivitas pertanian. Hasilnya, sambung Yos, akan jadi suatu basis data ekonomi yang sangat penting, melihat ekonomi sesungguhnya di Sumatera Selatan.

“Kami menghimbau agar pelaku yang akan disensus nantinya mengisi dengan benar mengingat data hasil isian tersebut akan menjadi bahan penting bagi pemangku kepentingan, utamanya pemerihtah daerah dalam menentukan kebijakan yang akan diterapkan kepada daerahnya dikemudian hari,” terangnya.

Baca Juga :   Bupati Muba DRA: Mari Jaga Keamanan NKRI dan Dukung MK Selesaikan Sengketa Pemilu

Menurutnya, data memang secara tidak langsung mempengaruhi pembangunan ekonomi, namun, dengan data tersebut dapat menjadi sangat penting dalam membuat sebuah kebijakan. Karena itu, jika pelaku usaha asal-asalan atau tidak mengisi dengan benar dikhawatirkan kebijakan yang akan diambil tidak tepat bahkan bisa terjadi kesalahan sehingga merugikan kedepannya.

“Basis data ini nantinya akan digunakan oleh banyak pihak karena itu harus memang benar, jangan asal-asalan,” ujarny.

Dirinya berharap, hasil dari sensus tersebut akan menjadi gambaran perekonomian yang terintegrasi.

Baca Juga :   PKS Usung H2G di Pilkada Mura

“Kami berharap nantinya akan sinergitas antar kawasan, potret ekonomi bagaimana menciptakan ekonomi spesifik lokal, khusus Sumsel,” tandasnya. (wik)

Publisher : Fitriyanti

Avatar

Lihat Juga

Herman Deru Resmi Kukuhkan 5 Pjs Bupati

Palembang, KoranSN Gubernur Sumsel, H Herman Deru telah resmi mengukuhkan 5 Penjabat Sementara (Pjs) Bupati …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.