Menanti Kejutan Portugal di Piala Dunia

Para pemain Timnas Portugal merayakan gol. (foto-net/vivanews.com)

Jakarta, KoranSN

Timnas Portugal berhasil membuat kejutan di ajang Piala Eropa 2016 dengan keluar sebagai juaranya. Kini, tinggal menantikan kejutan tim berjuluk Selecao ini di level yang paling tinggi, Piala Dunia 2018.

Portugal memang tim terlalu diunggulkan saat Piala Eropa edisi terakhir. Namun, Cristiano Ronaldo cs sukses memberikan bukti dengan mengalahkan Prancis lewat skor 1-0.

Keberhasilan Portugal menjuarai Piala Eropa ini adalah yang kali pertama dalam sejarah. Capaian tersebut tentunya menjadi modal penting bagi Portugal di Rusia nanti.

Pada gelaran Piala Dunia 2018, Portugal masuk Grup B bersama Spanyol, Maroko, dan Iran. Tim asuhan Fernando Santos itu sendiri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah memuncaki klasemen Grup B kualifikasi zona Eropa.

Mereka mengumpulkan 27 poin dari 9 kemenangan dalam 10 laga di fase grup. Tanpa memandang remeh Maroko dan Iran, kans peluang Portugal dan Spanyol untuk bisa lolos memang lebih besar.

Skenario yang kemungkinan akan Portugal usung adalah memetik kemenangan saat menghadapi Iran dan Maroko. Namun, Santos tak merasa begitu dan tetap menilai persaingan di Grup B bakal berlangsung sengit.

“Ini grup yang sangat menipu dan berbahaya. Portugal harus menerima bahwa kami adalah salah satu favorit. Tapi jika Anda melihat dengan lebih rinci, Anda bisa melihat ini sangat sulit. Spanyol secara alami favorit, seperti yang selalu saya katakan,” kata Santos dilansir Soccerway.

Baca Juga :   Salah Ungguli Messi dan Ronaldo

“Maroko telah mencetak gol dan tanpa kebobolan. Ini menunjukkan kekuatan tim, ada pemainnya yang bermain di Portugal, [Mehdi] Benatia bermain untuk Juventus dan memiliki pelatih berkualitas,” sambungnya.

Portugal juga pastinya berambisi memenangkan trofi Piala Dunia 2018 untuk mengawinkan gelar dengan Piala Eropa. Apabila mampu melakukannya, mereka akan menyamai catatan Spanyol yang memenangkan Piala Dunia 2010 setelah meraih gelar Piala Eropa 2008 lalu.

Pelatih Portugal, Fernando Santos, telah mengumumkan 23 nama skuat Portugal untuk Piala Dunia 2018. Cukup mengejutkan Santos tidak menyertakan beberapa bintang Portugal saat Piala Eropa 2016 lalu.

Pemain seperti Nani, Andre Gomes, dan Renato Sanches tidak disertakan oleh Portugal. Bahkan, Eder yang mencetak gol penentu kemenangan di laga puncak kota Perancis juga tidak bawa ke Rusia.

Santos mengaku berat harus mengambil keputusan ini. Namun hal tersebut harus ia ambil karena ia ingin membentuk skuat terkuat dengan pemain yang saat ini performanya sedang di puncak.

Baca Juga :   Arema FC Tunda Sesi Latihan Perdana

“Menyakitkan tidak bisa menyertakan semua epmain yang bersama kami di Piala Eropa. Mereka menulis sejarah luar biasa untuk Portugal namun saya harus membuat pilihan,” ucap Santos dilansir Sportsmole.

Sementara itu, Jose Mourinho malah menilai skuat saat ini lebih kuat ketimbang 2016 lalu. Manajer Manchester United asal Portugal ini sadar negaranya akan berbuat banyak di Piala Dunia nanti.

“Portugal masuk semifinal Piala Dunia 2006, plus juara Piala Eropa 2016. Maka jelas mereka salah satu tim terbaik di dunia,” ungkap Mourinho, dilansir Manchester Evening News.

“Bakat-bakat baru selalu lahir. Saya bahkan menilai skuat saat ini lebih baik ketimbang dua tahun lalu. Maka saya pikir Portugal bisa mencapai kemampuan terbaiknya,” lanjutnya. (viva.co.id)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Quartararo Juara GP Catalunya

Jakarta, KoranSN Fabio Quartararo meraih kemenangan ketiganya musim ini setelah menjuarai Grand Prix (GP) Catalunya …