Mencoklit, Waspadai Penduduk “Siluman”

Bupati OKI dan isteri saat melayani PPDP yang mendatangi rumah dinas. (foto-maniso/koransn.com)

Kayuagung, KoranSN

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ogan Komering Ilir (OKI) terus mengingatkan seluruh Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (DPDP) agar ekstra teliti dalam melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) pemilih untuk Pilkada serentak 2018.

Ketua KPU OKI Dedi Irawan SIP MSi saat mendampingi PPDP mencoklit beberapa hari lalu mengatakan, yang perlu menjadi perhatian khusus PPDP saat mencoklit yakni pemilih yang disisir. Dalam hal ini, pemilih yang sudah tidak ada atau meninggal serta tidak sesuai dengan DP4, harus dicoret.

“Dan yang harus diwaspadai lainnya adalah penduduk siluman. Jadi PPDP harus benar-benar selektif dalam memasukkan data saat mendatangi rumah pemilih,”tegas Dedi seray mengatakan mencoklit dilakukan sebulan hingga 18 Februari mendatang.

Baca Juga :   Walikota Jadi Irup Apel Konsolidasi Ops Ketupat Musi 2019

Dedi menegaskan, proses Coklit ini dilakukan untuk mensinkronisasikan data base pemilih. Oleh karena itu, dalam hal ini pihaknya juga melibatkan pemerintah dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) hingga pemerintah desa. “Untuk personil, di 18 kecamatan dikerahkan 1.835 orang dari PPDP,”tambahnya.

Bupati OKI H Iskandar SE yang merupakan salah satu dari ratusan ribu mata pilih di OKI mengharapkan agar hasil yang dikeluarkan dari proses Coklit ini dapat menghasilkan data yang valid. “Saya juga mengimbau agar masyarakat dapat aktif dalam menggunakan hak pilihnya. Karena kualitas Pilkada ini tergantung dari pertisipasi masyarakatnya,”tegas bupati.

Baca Juga :   Disbudpar Gelar Pemilihan Bujang Ngen Gades Muratara 2019

Saat ditanya mengenai keinginan menyalurkan hak pilihnya, Bupati OKI mengungkapkan, dirinya ingin memilih di tempat asalnya, Jejawi OKI. “Memilih kemungkinan di Jejawi, karena masa cuti jabatan jadi sepertinya di sana,”ujarnya seraya menambahkan dalam KK-nya terdapat lima mata pilih yaitu Bupati Iskandar sendiri, istrinya Hj Lindasari SE beserta tiga anaknya. (iso)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Owner Produk Olahan di OKUS Terima Dana Pembinaan

Muaradua, KoranSN Pemerintah Daerah OKU Selatan hadir memberikan dorongan semangat, sekaligus dana pembinaan terhadap kreativitas …