Mendagri Minta Daerah Perbanyak Pengujian Sampel COVID-19

Mendagri Tito Karnavian menyerahkan duplikat kunci mobile laboratory biosafety level 2 kepada Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi.(foto-antara)

Rejang Lebong, KoranSN

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta pemerintah daerah memperbanyak pengujian sampel COVID-19 sehingga bisa mengetahui tingkat penyebaran penyakit akibat virus corona jenis baru itu.

“Testingnya banyak itu baru hebat, tapi kalau testingnya sedikit wajar saja kalau zero kasus. Daerah harus proaktif, bukan pasif, yang bagusnya agresif dengan mendatangi masyarakat,” katanya saat berkunjung ke Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Kamis (6/8), untuk meresmikan mobile laboratory biosafety level 2.

Mendagri menambahkan, sejauh ini pengujian sampel COVID-19 di Indonesia masih rendah sehingga memerlukan partisipasi daerah untuk melakukan pengujiannya, salah satunya dengan mobile laboratory biosafety level 2 yang dimiliki oleh Rejang Lebong tersebut.

Untuk itu, dia meminta Pemkab Rejang Lebong agar segera memanfaatkannya dengan melakukan pengujian secara masif, apalagi saat ini di Sumatera baru daerah itu saja yang memilikinya.

Baca Juga :   Kontestan Pilkada 2020 Harus Patuhi Maklumat Kapolri

Pada kunjungan kerjanya ke Kabupaten Rejang Lebong, selain untuk meresmikan mobile laboratory biosafety level 2, juga dalam rangka gerakan sejuta masker.
“Saya akan hadir jika ada satu daerah yang bisa membagikan satu juta masker. Sebelumnya saya ke Goa dan kemudian Indramayu serta ke Rejang Lebong. Selanjutnya saya akan ke Kabupaten Malang serta Trenggalek,” ujarnya.

Dia mengharapkan, daerah-daerah lainnya bisa meniru gerakan pengadaan masker yang dilakukan secara gotong royong mengingat tidak semua warga mampu membeli masker.

“Setiap daerah harus membuat perda pemberian sanksi warga yang tidak menggunakan masker. Teguran saja tidak cukup, tapi harus ada sanksi, namun sebelumnya harus ada langkah dulu berupa pembagian masker kepada masyarakat, ” kata Tito Karnavian.

Baca Juga :   Pemerintah Kepulauan Riau Tidak Menaikkan Upah Minimum Pada 2021

Rombongan kunjungan kerja Tito Karnavian ke Kabupaten Rejang Lebong bersama isteri Tri Tito Karnavian tiba sekitar pukul 12.40 WIB dengan menggunakan helikopter dari Bengkulu dan pukul 15.00 WIB kembali lagi ke Bengkulu untuk menghadiri acara rakor Pilkada Serentak 2020. (antara/awj)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

BPBD Klaten Imbau Warga KRB III Segera Turun

Klaten, KoranSN Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, mengimbau warga yang tinggal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.