Mendes Nilai SDM dan Ekonomi Berperan Penting Dalam Pembangunan Desa

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar memberikan arahan secara virtual kepada 7.488 mahasiswa Universitas Negeri Padang yang akan melakukan KKN, Jakarta. (foto-antaranews)

Jakarta, KoranSN

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menilai pembangunan desa harus bertumpu pada dua hal yaitu pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan ekonomi.

“Karena keduanya sama dengan bicara tentang lebih dulu mana antara ayam dan telur tidak ada ujungnya. dua-duanya antara SDM dan ekonomi ini mutlak,” kata Mendes yang akrab disapa Gus Menteri saat memberikan arahan di Balai Latihan Masyarakat (BLM) Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (16/10/2020).

Ia mengatakan, SDM dan ekonomi merupakan sektor yang sama-sama penting dan harus menjadi prioritas sehingga tidak boleh diambil salah satunya.

Baca Juga :   Pemkab Buleleng Memulai Restorasi Rumah Ibunda Bung Karno

Dalam kesempatan itu, ia meminta agar seluruh BLM milik Kemendes PDTT yang tersebar di beberapa daerah juga fokus pada pengembangan SDM, selain melakukan pelatihan untuk meningkatkan ekonomi desa.

Adapun pesertanya tidak harus selalu warga desa, bisa juga pendamping desa, kepala desa dan bisa juga aparatur desa.

BLM, katanya, juga dapat memfasilitasi diskusi antar kepala desa tentang pengalaman mereka dalam membangun desa. Kepala desa yang berprestasi, menurut Mendes, perlu diberikan fasilitas berbagi pengalamannya agar dapat ditiru oleh kepala desa yang lain.

“Percepatan pembangunan desa kuncinya satu yaitu meniru keberhasilan yang sudah diraih oleh kepala desa dan desa yang berhasil, atau istilahnya replikasi atau kloning atau adopsi pada berbagai keberhasilan yang dilakukan atau diraih oleh desa lain,” kata demikian Abdul Halim Iskandar. (Antara/ded)

Baca Juga :   Bambang Soesatyo Inisiasi Pembentukan Kampung Empat Pilar MPR
Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Perpusnas Berikan Penghargaan Pada Perpustakaan Desa

Jakarta, KoranSN Perpustakaan Nasional (Perpusnas) memberikan penghargaan kepada perpustakaan desa maupun kelurahan serta perpustakaan sekolah. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.