Senin , Januari 21 2019
Home / Nasional / Mendesak, Jalur Penyelamat Tanjakan Emen Dibangun Tahun Ini

Mendesak, Jalur Penyelamat Tanjakan Emen Dibangun Tahun Ini

Persatuan Jaksa Indonesia
Kondisi minibus yang kecelakaan di Tanjakan Emen, Subang, Jawa Barat. (foto-net/vivanews.com)

Bandung, KoranSN

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan, pembangunan infrastruktur keselamatan Escape Road di tanjakan Emen Kabupaten Subang ditargetkan dilakukan tahun ini.

Pria yang akrab disapa Aher itu mengakui, sebelumnya wacana pembangunan tersebut dalam tahap penelitian dan perencanaan. Namun, setelah kecelakaan maut kembali terjadi pada Senin (12/2/2018) lalu, dengan memakan korban 16 orang, pembangunan tersebut harus segera dilaksanakan.

“Sangat urgent, Insya Allah tahun ini bisa diselesaikan,” ujar Ahmad Heryawan di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (13/3/2018).

Menurut Aher, secara singkat fungsi Escape Road ini berfungsi sebagai area dengan ruas lebar yang memberikan ruang bagi kendaraan ketika mengalami kendala pengereman. “Ketika ngebanting ke pinggir langsung masuk ke pasir, langsung dia mengerem sendiri,” katanya.

Baca Juga :   Kedatangan Michael Learns To Rock Disambut Antusias Warga Palembang

Aher membantah kontur jalan tanjakan Emen menjadi penyebab maraknya kecelakaan. Kendati demikian, pihaknya juga mengimbau kepada seluruh penyedia jasa transportasi maupun kendaraan pribadi agar rutin memeriksa kelaikan kendaraannya dan selalu berhati-hati ketika meintasi jalur-jalur yang rawan.

“Karena boleh jadi, perkara-perkara yang menyebabkan itu boleh jadi terkait supirnya ngantuk atau ugal-ugalan,” terang Aher.

Seperti diketahui, sebuah minibus berpelat nomor E 7548 PB mengalami kecelakaan di Tanjakan Emen, Subang, Jawa Barat, Senin (12/3/2018), sekitar pukul 12.15 WIB dengan korban 16 orang luka-luka.

Baca Juga :   Inayah Wahid Tegaskan Gusdurian Netral di Pilpres

Tidak hanya kemarin, insiden kecelakaan maut juga terjadi pada Sabtu sore, 10 Februari 2018. Pada saat itu, bus pariwisata yang membawa rombongan wisatawan Koperasi Simpan Pinjam Permata Ciputat, Tangerang Selatan melaju dari arah Bandung ke Subang.

Saat di tanjakan Emen, bus melaju tak terkendali hingga menabrak sepeda motor bernomor polisi T 4382 MM. Bus lantas menabrak tebing sebelah kiri jalan hingga terguling di bahu jalan. Akibat kejadian ini, sebanyak 27 orang tewas dan lainnya mengalami luka. (viva.co.id)

Hotel Grand Inna Palembang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

KPU Mulai Cetak Kertas Suara Pemilu 2019 Sebanyak 939 Juta Eksemplar

Makassar, KoranSN Ratusan juta surat suara Pemilu 2019 resmi dicetak yang disebar di berbagai titik. ...