Menkes Cek Kesiapan Fasilitas Kesehatan Jelang Libur Akhir Tahun

Menteri Kesehatan (Menkes) dr Terawan Agus Putranto bersama Direktur RSHS Bandung dr Nina Susana Dewi di RSHS Bandung, Jalan Pasteur, Kota Bandung. (foto-antaranews)

Bandung, KoranSN

Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto pada Senin (23/12/2019) meninjau Rumah Sakit Hasan Sadikin di Kota Bandung untuk mengecek kesiapan fasilitas kesehatan melayani warga menjelang libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Dia meninjau beberapa ruang pelayanan kesehatan masyarakat di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung dan mengunjungi Gedung Anggrek yang diresmikan pada Juli 2019.

Usai melakukan peninjauan, Terawan mengatakan bahwa daya tampung pasien RSHS sebagai rumah sakit rujukan di Jawa Barat perlu ditingkatkan.

Baca Juga :   Warga Diminta Waspadai Diare dan Leptospirosis Setelah Kebanjiran

“Jadi saya lihat kemampuan dan batas kemampuan. Nah batas kemampuannya ini harus ditingkatkan, terbatasnya di mana akan kita diskusikan, apa saja yang bisa membuat kemampuannya meningkat,” katanya.

Sementara itu, Direktur RSHS Bandung dr Nina Susana Dewi mengatakan bahwa rumah sakit menyiagakan lima dokter di UGD selama libur akhir tahun.

“Selain penyakit kegawatdaruratan, juga kami menyiapkan kegiatan atau pelayanan untuk pasien yang rutin, misalnya untuk kemoterapi, juga radioterapi. Ini sudah terdaftar dan terjadwal, jadi kita harus memenuhi jadwal tersebut,” kata Nina.

Menteri Kesehatan mengatakan, peningkatan pergerakan orang selama libur akhir tahun menimbulkan risiko kecelakaan dan dia ingin fasilitas kesehatan mengantisipasi dengan menyiapkan respons cepat.

Baca Juga :   Inggris Pastikan Ketersediaan Vaksin COVID-19 untuk Dunia

“Jelas ini pergerakan manusia banyak dan cepat sekali (dalam libur akhir tahun), kita hindari kecelakaan, kalau terjadi pun hindari adanya kejadian cedera lebih berat atau kematian kalau penanganan baik dan cepat,” katanya.

Dia juga mengimbau warga yang melakukan perjalanan selama liburan akhir tahun beristirahat cukup dan berhati-hati saat berkendara.

“Hindari emosi berlebihan, jangan merasa tersalip. Kalau yang lain tersalip, kita berjalan hati-hati agar bisa bertemu dengan keluarga dengan bahagia,” ujarnya. (Antara/ded)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Air Mineral Hantarkan Listrik Karena Mengandung Besi? Cek faktanya!

Jakarta, KoranSN Sebuah video berjudul “Awas Air Mineral Mengandung Zat Besi Tinggi” beredar di kanal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.