Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020

Menkue Akan Temui Menkominfo Terkait Pajak Imei Ponsel

Tangkapan layar. (foto-antaranews)

Jakarta, KoranSN

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan akan menemui Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara terkait pajak identitas perangkat bergerak internasional (international mobile equipment identity/IMEI) ponsel.

“Kami akan cek ke Pak Rudiantara maksud pajaknya seperti apa, karena selama ini kalau barang ilegal yang melakukan selama ini adalah Bea dan Cukai,” kata Sri Mulyani di Gedung Nusantara II, DPR, Jakarta, Selasa (20/8).
Dijelaskannya, bahwa pembahasan lebih detail akan dibicarakan dengan Kominfo terkait aspek-aspek seperti apa yang dibutuhkan untuk aturan ponsel tersebut.

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tidak menandatangani aturan tentang IMEI pada Sabtu (17/8/2019).

Baca Juga :   ASUS ZenFone 3 Deluxe Raih Penghargaan Smartphone Terbaik 2017

“Pada 17 Agustus kan upacara. Bagaimana mau tanda tangan,” kata Rudiantara saat ditemui di Jakarta.

Rudiantara menjelaskan penerbitan aturan IMEI itu akan memanfaatkan momentum dan semangat 17 Agustus. Tapi, bukan berarti akan ditandatangani tepat pada 17 Agustus 2019.

“Bukan (ditandatangani) tanggal 17 (Agustus). Tapi, (aturan itu) menggunakan momentum 17 (Agustus),” kata Rudiantara.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kominfo Ismail, saat dihubungi ANTARA pada Selasa (13/8/2019), menyatakan belum dapat memastikan tanggal penandatanganan aturan IMEI.

“Tanggalnya belum dipastikan. Tapi, kisaran pada Agustus,” kata Ismail.

Baca Juga :   PIM Wedding Festival Berhadiah Motor 

Sebelumnya, Kominfo mengusulkan regulasi IMEI akan diterapkan enam bulan setelah pengesahan oleh menteri-menteri terkait menyusul sejumlah hal yang harus diperhatikan sebelum aturan itu berlaku efektif.

Kominfo juga sedang menyiapkan delapan hal sebelum pemberlakuan aturan IMEI, termasuk basis data IMEI yang solid, sinkronisasi dengan operator seluler, hingga menyiapkan layanan konsumen. (antara/ima)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Hindari Pinjaman Online Ilegal, Ini Tips Dari OJK

Palembang, KoranSN Praktek pinjaman online atau financial technology (Fintech) sedang marak di Indonesia. Ada yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.