Kamis , November 15 2018
Home / Gema Sriwijaya / Banyuasin / Mentan Tinjau Panen Padi di Upang Marga Banyuasin

Mentan Tinjau Panen Padi di Upang Marga Banyuasin

panen raya – Menteri Pertanian RI, Dr Ir H Andi Amran Sulaiman MP saat meninjau panen raya padi seluas 500 hektar di Desa Upang Marga Banyuasin, Senin (29/1/2018). Padi yang dipanen tersebut memiliki potensi hasil mencapai 6 hingga 7 ton padi perhektarnya. (foto-siryanto/koransn)

Banyuasin, KoranSN

Dengan menggunakan tiga helikopter, Menteri Pertanian (Mentan) RI, Dr Ir H Andi Amran Sulaiman MP, Senin (29/1/2018) meninjau langsung panen padi seluas 500 hektar di Desa Upang Marga Kecamatan Air Saleh Kabupaten Banyuasin.

Kedatangan Mentan RI didampingi Dirut Bulog, Ketua MPR RI, Pangdam, Panglima, sejumlah anggota DPR RI, Sekda Sumsel, Bupati Banyuasin, Ir SA Supriono dan Kadis Pertanian Banyuasin, Babul Ibrahim.

Dihadapan para petani, Menteri Pertanian RI, Dr Ir H Andi Amran Sulaiman MP mengatakan, saat ini Kabupaten Banyuasin sedang panen raya padi, terutama sawah pasang surut yang jumlahnya sangat besar.

“Hari ini (kemarin) kita panen padi di Desa Upang Marga seluas 500 Hektar dengan potensi hasil 6-7 ton per hektarnya. Dengan panen raya di Banyuasin ini, Insya Allah tidak akan impor beras,” ujarnya.

Rombongan menteri menyempatkan kiling di persawahan sekitar 2 jam, kemudian rombongan bertolak ke Pelembang.

Terpisah Kepala Dinas Pertanian Banyuasin, Ir Babul Ibrahim menambahkan, Menteri Pertanian melakukan kunjungan kerja dengan meninjau langsung panen padi di Desa Upang Marga. Begitu Mentan RI turun dari helikopter, langsung disambut para petani yang sedang berada di pematang sawah.

Menurut Babul Ibrahim, saat ini baru 25 ribu hektar padi di Kabupaten Banyuasin yang dipanen. Dalam panen tersebut Dinas Pertanian melakukan pengawalan dengan cara berkoordinasi bersama Bulog guna menyerap gabah para petani Banyuasin yang sedang melakukan panen perdana tahun 2018.

Terpisah Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Banyuasin, Erawan SP mengatakan, akhir Januari 2018 panen padi di Banyuasin mencapai seluas 25 ribu hektar.
“Harga padi kering sawah saat ini masih sangat tinggi yakni, antara Rp 5000/Kg sampai Rp 5500/ Kg dan Dinas Pertanian ikut

mengucapkan selamat kepada para petani yang panen di beberapa wilayah,” ungkap Erawan.

Erawan mengatakan, pada bulan Januari minggu ke empat ditargetkan panen padi sudah mencapai 25.000 hektar. Target ini tercapai, seiring panen yang merata di wilayah perairan. Selain itu, diprediksi panen raya bulan Januari-Maret diperkirakan seluas 120 hektar hingga130 ribu hektar. Tugas selanjutnya, adalah kerjaan bulog untuk menjaga stabilitas harga beras atau gabah.

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Suasana Haru Lepas AKBP Roby Karya Adi

Lahat, KoranSN Suasana haru mengiringi acara pelepasan AKBP Roby Karya Adi SIK yang bakal menjabat ...

error: Content is protected !!