Mesir Adakan Pemakaman Militer Untuk Mubarak

Hosni Mubarak. (foto-antaranews)

Mesir memakamkan mantan presiden Hosni Mubarak yang wafat pada usia 91 tahun, dengan upacara militer di Kairo, Rabu.

Mubarak memerintah Mesir selama 30 tahun sampai ia dipaksa turun dari jabatannya lewat unjuk rasa pada 2011. Dia menghabiskan tahun-tahun berikutnya di penjara dan rumah sakit militer sebelum dibebaskan pada 2017.

Dia meninggal pada hari Selasa (25/2/2020) dalam berminggu-minggu perawatan intensif setelah menjalani operasi.

Kepresidenan dan angkatan bersenjata Mesir meratapi mantan perwira angkatan udara itu sebagai pahlawan atas perannya dalam perang Arab-Israel tahun 1973. Kepresidenan mengumumkan tiga hari berkabung nasional.

Baca Juga :   SMN Sulawesi Tenggara Promosikan Pulau Lengkuas di Medsos

Para pejabat tinggi militer Mesir diperkirakan akan menghadiri pemakaman di pinggiran timur kota Kairo, tetapi tidak jelas apakah Presiden Abdel Fattah al-Sisi akan melakukannya.

Peti mati Mubarak akan diangkat dari masjid di mana pemakaman akan diadakan di pekuburan, lapor stasiun televisi pemerintah.

Mubarak dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena berkonspirasi untuk membunuh 239 demonstran selama pemberontakan 18 hari pada 2011, tetapi dibebaskan pada tahun 2017 setelah dibebaskan dari tuduhan.

Dia dihukum pada 2015 bersama dengan dua putranya yang mengalihkan dana publik untuk meningkatkan properti keluarga. Mereka dijatuhi hukuman tiga tahun penjara.

Baca Juga :   itual Adat di Kotawaringin Timur Mampu Menarik Wisatawan Asing

Mubarak mengatakan sejarah akan menilai dia sebagai patriot yang melayani negaranya tanpa pamrih, tetapi bagi banyak orang Mesir, masa kekuasaannya adalah masa otokrasi dan kapitalisme kroni. (antara/ima)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Keraton Kasepuhan Cirebon Ditutup

Cirebon, KoranSN Wisata sejarah dan budaya di Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat, mulai Senin (30/3) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.