Meski Alat Secukupnya, PBK Palembang Siap Atasi Bencana

Kepala Dinas Penanggulangan Bencana dan Kebakaran (PBK) Kota Palembang, Dicky Lenggardi Tatung. (Foto-Reigan/Koransn)

Palembang, KoranSN

Kepala Dinas Penanggulangan Bencana dan Kebakaran (PBK) Kota Palembang, Dicky Lenggardi Tatung mengatakan, pihaknya selalu siap mengatasi bencana di seputaran wilayah Palembang meskipun dengan alat secukupnya yang dimiliki PBK saat ini.

Menurut Dicky, personil PBK bersiaga selama 24 jam penuh apabila terjadi bencana. Dimana, kesiagaan petugas PBK sendiri tersebar di tujuh posko yang ada di wilayah Kota Palembang, seperti posko di daerah SU I, SU II, Gandus, AAl, Sako, Ampera dan posko pusat yang ada di Jalan Merdeka.

“Apabila terjadi bencana misalnya, kebakaran baik didarat maupun di perairan Sungai Musi kita selalu siap memadamkan apinya dengan peralatan yang ada sekarang di PBK,” ungkap Dicky, Sabtu (6/1).

Ia menjelaskan, saat ini PBK telah memiliki total keseluruhan 31 unit mobil pemadam kebakaran, seperti dengan jenis-jenis mobil fire truk ledder atau mobil tangga ketinggian 31 meter satu unit, mobil tripple aggent fire truk, memiliki 3 fungsi, yakni; busa, tepung, air satu unit, mobil fire truk resque atau penyelamatan jiwa kebakaran dengan dilengkapi oksigen dan tandu.

Baca Juga :   Pantau Kondisi Karhutla di OKI, Danrem 044/Gapo Patroli Udara

Kemudian, mobil smoke removel fire truk yang dilengkapi kipas untuk menghilangkan asap serta mobil pompa 2 unit, fire tangker berisikan 5000 liter dan 3000 liter air dan pompa berjumlah 18 unit dan mobil tangki 8000 liter dan 4000 liter sebanyak 14 unit.

“Kita juga mimiliki fire boat satu unit dan fire resque boat satu unit untuk menanggulangi kebakaran yang ada di perairan Sungai Musi,” jelasnya.

Dicky menambahkan, guna mencegah kebakaran, pihaknya sementara ini terus mensosialisasikan kepada hotel-hotel berbintang serta terjun langsung ditengah masyarakat.

“Seperti hotel berbintang, yang harus memiliki Alat Pemadam Api Ringan (Apar) dan harus dilengkapi dengan tangga darurat serta hotel juga harus dilengkapi springkelnyo, hydrannya. Jadi, Insya Allah saat Asian Games nanti kita siap dan mudah-mudah tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” harapnya.

Baca Juga :   Kodam Ajak Pemuda Nobar Film 'MPM'

Lebih jauh dikatakan Dicky, saat ini personil PBK total berjumlah 400 personil yang kerja selama 24 jam penuh.

“Pembagiannya bidang resque, operasional dan retribusi. Personil kita disiplin dan sudah terlatih seperti memainkan perlatan, tali menali, pompa air dan sebagainya. Apabila terjadi bencana seperti kebakaran dan banjir, masyarakat bisa menghubungi Hot line kita di nomor 113 untuk PBK,” tandasnya. (rgn)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

496 ASN dan Non ASN Pemkot Palembang Kantongi Id Card e- Money

Palembang, KoranSN Keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dalam penerapan gerakan uang non tunai, bukan isapan …