Senin , November 19 2018
Home / Pesta Demokrasi / Miliki KK & E-KTP, Keluarga Cawabup OKI Tidak Masuk DPT

Miliki KK & E-KTP, Keluarga Cawabup OKI Tidak Masuk DPT

Ketua Tim Pemenangan ISO dan Cawabup OKI menunjukkan KTP dan KK milik Dja’far Shodiq beberapa waktu lalu. (Foto-Maniso/Koransn)

Kayuagung, KoranSN

Nama Cawabup OKI periode 2019-2024 nomor urut 1 HM Dja’far Shodiq dan keluarganya tidak masuk di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk memberikan hak suaranya pada Pilkada serentak 27 Juni nanti.

Padahal, Dja’far Shodiq sudah puluhan tahun berdomisili di kabupaten ini dan memiliki KTP elektronik dan KK. Apalagi dirinya adanya anggota DPRD OKI periode 2014-2019 yang belum lama di-PAW karena maju pada Pilkada. Sebelumnya juga ia adalah menjabat Kades di Kecamatan Mesuji.

Tak masuknya nama keluarga Dja’far Shodiq di DPT tentu sangat merugikan dirinya bahkan pasangan Cabup-Cawabup OKI nomor urut 1 bersama H Iskandar SE. Tim pemenangan meminta KPU OKI dan Disdukcapil OKI duduk bersama agar Dja’far Shodiq dan puluhan ribu warga lainnya yang tidak masuk DPT agar tetap bisa memberikan hak suara.

“Ada lebih dari 42 ribu calon mata pilih tidak masuk DPT. Ini termasuk Pak Dja’far Shodiq dan keluarga, ketua tim pemenangan kami di kecamatan dan desa. Kami mengklaim 75 persen dari 42 ribu itu adalah pendukung ISO (H Iskandar SE-HM Dja’far Shodiq,”kata Ir Turmudi selaku Ketua Tim Pemenangan ISO kemarin.

Menurutnya, penetapan DPT dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah dilakukan di KPU pekan lalu seharusnya ada penambahan mata pilih, bukan justru terjadi pengurangan seperti ini. Adapun DPS yang telah diumumkan oleh KPU OKI berjumlah 517.676 mata pilih. Namun, saat ditetapkan menjadi DPT justru berkurang menjadi 476.863 mata pilih.

“Kami sangat keberatan dengan hasil penetapan DPT ini,”kata Turmudi. Ketua KPU OKI Dedi Irawan SIP MSi mengatakan, berdasarkan PKPU Nomor 2 Tahun 2017 Pasal 15, dalam menetapkan DPT, pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas terkait yang menaungi masalah kependudukan.

“Yang jadi persoalan, 42.533 penduduk ini tidak terbaca datanya dalam SIAK, sehingga terpaksa dikeluarkan dari DPT. Tapi jumlah ini terus kami perjuangkan hingga ke KPU RI, agar hak konstitusionalnya dapat terakomodir nantinya,”janji Dedi. (iso)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Bawaslu OKI Ingatkan Peserta Pemilu Taati Aturan APK

Kayuagung, KoranSN Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengingatkan peserta Pemilu 2019 ...

error: Content is protected !!