Minggu , Oktober 21 2018
Home / Wisata / Miliki Ratusan Air Terjun, Lahat Jadi Tempat Destinasi Wisata Terbaik di Sumsel

Miliki Ratusan Air Terjun, Lahat Jadi Tempat Destinasi Wisata Terbaik di Sumsel

pengunjung saat berwisata di salah satu air terjun di Lahat. (foto-istimewa)

Lahat, KoranSN

Kabupaten Lahat memiliki ratusan air terjun yang indah sehingga pantas jika Lahat dijadikan tempat destinasi wisata terbaik di Provinsi Sumsel. Bukan hanya air terjun, keindahan alamnya dan megalith yang berada di kabupaten ini juga dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Informasi yang dihimpun Suara Nusantara sedikitnya ada sekitar 140 air terjun yang tersebar di Lahat. Dengan demikian maka Kabupaten Lahat merupakan pemilik air terjun terbanyak se-Indonesia.

Selain memiliki banyak air terjun, keindahan Kabupaten Lahat yang wilayahnya dikelilingi oleh pegunungan, membuat Lahat memiliki keindahan yang mepesona hingga penuh daya pikat sendiri.

Dari ratusan air terjun di Lahat, terdapat air terjun bertingkat dengan keunikan tersendiri. Nama air terjun tersebut yakni Green Water Tangga Manik, di air terjun ini airnya mengalir cukup rendah dan indah. Sehingga banyak pengunjung yang mengajak anak-anak bermain di air terjun ini.

Bukan hanya di air terjun tersebut, semua lokasi wisata di Lahat juga ramai dikunjungi oleh masyarakat dan wisatawan. Apalagi, lokasi Kabupaten Lahat yang strategis sebab dikelilingi oleh bukit barisan dan ribuan batuan megalitikum sehingga menjadikan Kabupaten Lahat lokasi yang paling banyak dicari oleh penikmat wisata.

Baca Juga :   Tanah Skotlandia, Kenangan Indah Seumur Hidup

Penggiat Wisata Kabupaten Lahat, Mario Andramartik mengatakan, di Lahat juga terdapat Air Terjun Kunduran atau Ayek (air) Kunduran. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 40 meter dan lebar 5 meter yang terletak pada ketinggian 258 mdpl.

Air Terjun Kunduran terletak di Sungai Salak yang bermuara ke Sungai Lematang. Pada bagian ilir Sungai Salak juga terdapat air terjun dengan ketinggian sekitar 20 meter dan lebar 10 meter. Air terjun ini disebut Air Terjun Salak atau yang terkenal dengan nama Air Terjun Perigi. Jadi pada aliran Sungai Salak terdapat dua air terjun dengan ketinggian dan keindahan yang berbeda.

Menurut Mario Andramartik, Air Terjun Kunduran berlokasi di Desa Tanjung Mulak Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat. Selain Air terjun Kunduran, ada juga Air Terjun Tanjung Mulak. Air terjun ini sangat indah terdiri dari lima tingkatan dengan ketinggian masing-masing tingkatan 4 meter dan pada air terjun yang ke lima mempunyai ketinggian sekitar 10 meter.

Para pengunjung saat foto bersama dengan latar belakang keindahan air terjun yang berada di Kabupaten Lahat.

Dimana air terjun tersebut berair bersih dan jernih sehingga tak mengherankan bila pada aliran sungainya terdapat puluhan selang yang berfungsi mengalirkan air ke rumah-rumah penduduk Desa Tanjung Mulak untuk kebutuhan air rumah tangga. Air terjun ini juga belum banyak di kunjungi oleh masyarakat.

Baca Juga :   Keindahan Air Terjun Haman dan Muara Payang Memikat Hati

Selain air terjun, Lahat ternyata juga mempunyai Green Canyon. Warga di Kabupaten Lahat tampaknya harus benar-benar bersyukur atas anugerah yang diberikan Sang Pencipta. Betapa tidak, selain memiliki kekayaan alam seperti halnya batubara, kabupaten berjuluk Bumi Seganti Setungguan ini juga memiliki banyak objek wisata dan yang belakangan baru ditemukan yakni Green Canyon.

Tidak kalah dengan pesona dengan Green Canyon di Amerika Serikat, objek wisata yang berada di Kecamatan Pulau Pinang Lahat ini, kini menjadi idola baru kunjungan wisatawan baik lokal maupun dari luar.

Jika di Arizona Amerika Serikat, sungai yang mengaliri “Canyon” adalah Sungai Colorado maka di Desa Pulau Pinang Kecamatan Pulau Pinang, Grand Canyon dialiri Sungai Ayek Lim. Sebuah aliran yang bermuara ke Sungai Lematang. Destinasi berupa aliran sungai bertepikan bebatuan besar ini bisa menarik ribuan wisatawan berkunjung saat akhir pekan tiba. (rob)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Mengungkap Tinggalan Budaya Leluhur di Lahat

Lahat, KoranSN Baru saja aku keluar dari mobil dan hendak menemui warga yang sedang duduk ...

error: Content is protected !!