Muara Belida Jadi Kawasan Perikanan Air Tawar Terpadu

Pemkab. Muara Enim dan KKP Kembangkan Muara Belida sebagai Kawasan Perikanan Air Tawar Terpadu.(foto-yudi/koransn)

Muara Enim, KoranSN

Setelah berdirinya instalasi Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluh Perikanan (BRPPUPP), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI di Desa Patra Tani, Kecamatan Muara Belida Kabupaten Muara Enim, kini di lokasi yang sama disiapkan pula kawasan model konservasi dan pengelolaan perikanan perairan darat atau air tawar yang diberi nama Special Area for Conservation and Fish Refugia (Speectra).

Kepala Badan Riset dan SDM (BRSDM) KKP, Prof. Ir. Sjarief Widjaja, Ph.D., F.RINA, Sabtu (17/10) menyampaikan, kawasan tersebut menjadi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia serta akan menjadi rujukan nasional maupun Asia Tenggara.

Baca Juga :   Ratusan Aparat Satlinmas Desa/Kelurahan Dibekali Pelatihan Peningkatan Kapasitas

Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, S.H., didampingi Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Muara Enim, Ir. Teguh Sumitro, S.E., M.M.menyambut baik kesiapan, menjadikan Muara Enim sebagai pionir pengembangan perikanan air tawar terdepan di Sumatera Selatan.

Ia menyatakan, komitmennya kepada Kepala BRSDM KKP untuk menjadikan Muara Enim sebagai kawasan terdepan dan rujukan nasional dalam pengembangan budidaya perikanan air tawar. Kedepan dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan lokal dan mencukupi kebutuhan protein masyarakat melalui swasembada dibidang perikanan. Apalagi dengan lokasi yang tak jauh dari Kebun Raya Sriwijaya sehingga menurutnya Speectra Muara Belida ini dapat terintegrasi menjadi wisata suaka marga satwa perikanan dan edukasi ketahanan pangan terpadu di Indonesia. HALAMAN SELANJUTNYA >>

Baca Juga :   Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Polres Mura Gelar Razia

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Para Komunitas Dapat Bantuan Sembako

Prabumulih, KoranSN Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) memberikan bantuan berupa sembako untuk komunitas guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.