Muara Enim Kebagian 4 Ribu Pemasangan Gas

Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman hadiri  acara Sosialisasi Rencana Pembangunan Jaringan Gas Rumah Tangga di Kecamatan Ujan Mas. (foto-yudi/koransn.com)
GAS RUMAH TANGGA – Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman hadiri acara Sosialisasi Rencana Pembangunan Jaringan Gas Rumah Tangga di Kecamatan Ujan Mas. (foto-yudi/koransn.com)

 

Muara Enim, KoranSN

Pada Tahun 2017 mendatang, dua Kecamatan di Kabupaten Muara Enim, yakni Kecamatan Muara Enim dan Kecamatan Ujan Mas kebagian 4 ribu pemasangan jaringan Gas Rumah Tangga. Pembangunan jaringan gas rumah tangga ini menggunakan dana APBN dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral Republik Indonesia pada tahun 2017. Demikian dikatakan Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman pada Sosialisasi Rencana Pembangunan Jaringan Gas Rumah Tangga di Kecamatan Ujan Mas dan Kecamatan Muara Enim Pada Tahun 2017 melalui dana APBN Tahun 2017 yang berlangsung di Kantor Camat Ujan Mas, Kamis (3/11/2016) sekitar pukul 09.00 wib.

Dalam sosialisasi yang diikuti puluhan masyarakat daerah setempat dihadiri, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Muara Enim  Ir Yulius MT, Kepala Badan Lingkungan Hidup Muara Enim Ir H Zulkarnain MT, Camat Ujan Mas, Sugiharto Delimpah Ssos MSi, Konsultan Kegiatan, Pramudito.

Nurul menyampaikan atas nama Pemkab Muara Enim menyambut baik adanya pembangunan jaringan gas rumah tangga pada Tahun 2017 melalui dana APBN 2017. Menurutnya program pemerintah tersebut dapat mempercepat konversi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG).

Dikatakan Nurul, pada tahap awal dimulai dari Kecamatan Ujan Mas dan Kecamatan Muara Enim sebanyak 4 ribu sambungan rumah (SR), selanjutnya akan ada pengembangan ke Kecamatan Lawang Kidul. Dia menghimbau kepada masyarakat yang ada di wilayah yang belum mendapat sambungan pada tahap awal  ini diharapkan bersabar dan senantiasa mendukung kegiatan ini.

Baca Juga :   Kendaraan Dinas Pemkab Muara Enim Diuji Emisi

Selain itu, menciptakan suasana yang kondusif karena tahap berikutnya pembangunan ini menggunakan dana APBN, kalau dari dana APBD Kabupaten Muara Enim sangatlah sulit untuk dilakukan karena biaya yang diperlukan sangat besar lebih kurang mencapai 175 milyar,”terang Nurul.

Diakui Nurul, berkat perjuangan Pemerintah Kabupaten Muara Enim hal ini dapat dilaksanakan dan diharapkan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Kabupaten Muara Enim. Diharapkan adanya kerjasama serta koordinasi bersama antara aparat pemerintah setempat agar pelaksanaan dilapangan nantinya tidak ada kendala.

Kemudian, diingatkan Nurul, kepada pihak pelaksana agar memenuhi standar baku ketentuan keselamatan kerja dan lingkungan yang berlaku dan menghormati, adat istiadat yang ada di daerah setempat serta menjalin komunikasi yang baik kepada masyarakat.Karena melalui komunikasi itu lah apa yang kita laksanakan dapat berjalan dengan sukses.

Hal senada dikatakan Camat Ujan Mas, Sugiharto Delimpah Ssos Msi, jaringan gas rumah tangga ini akan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Muara Enim pada umumnya, dan Kecamatan Ujan Mas khususnya. Untuk, masyarakat Ujan Mas diakuinya, sedikitnya ada sekitar 400 lebih, yang akan menikmati jaringan gas rumah tangga.

Dia berharap, pada tahap berikutnya,  masyarakat Ujan Mas yang belum tersambung jaringan gas rumah tangga, dapat menikmatinya. Selain itu, Sugiharto berharap, kepada pelaksana yang melakukan pemasangan jaringan nantinya, setelah melakukan penggalian jaringan gas, untuk merapikan kembali bekas galiannya, sebab menurutnya jangan sampai bekas galian tanah tersebut dapat mengganggu kenyaman lingkungan sekitarnya.

Baca Juga :   Geger, Warga Lawang Kidul Temukan Bayi Perempuan Dalam Kardus

Sementara itu, Konsultan dari kegiatan tersebut, Pramudito menjelaskan, pembangunan dan distribusi jaringan gas rumah tangga seluruhnya dibiayai negara, mulai dari instalasi hingga pemasangannya tdak dipungut biaya atau gratis. Bahkan dia mewarning, jika nantinya dilapangan ada petugas yang memintai biaya agar segera melaporkannya ke kades atau camat biar bisa ditindaklanjuti.

“Tujuan gas rumah tangga ini, untuk mempercepat diversifikasi energi alternatif, mewujudkan masyarakat yang cerdas dengan tidak bergantung dengan BBM, mengurangi beban negara dalam pemberian subsidi untuk bahan bakar minyak,”terangnya.

Kenapa menggunakan gas bumi, dia menjelaskan, karena cadangan minyak semakin menipis, apalagi penggunaan dalam waktu yang lama, sementara cadangan gas bumi 4 x lebih besar dripada cadangan minyak bumi.

Menurutnya, sas bumi baik untuk rumah tangga, sebab hemat proses pengelolaannya tidak melewati proses panjang dibandingkan LPG, Kemudian, biaya tidak sebesar pengelolaan minyak tanah, selain itu, bersih, tidak berasap sehingga tidak menimbulkan jelaga hitam pada perabot masak.

“Utamanya aman, karena memunyai sifatnya lebih ringan dibandingkan udara, jika terjadi kebocoran cepat menguap, meminimalisir terjadinya kebakaran atau ledakan,”pungkasnya. (yud)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Decky Canser

Avatar

Lihat Juga

OPS zebra Musi 2020 Dimulai

Muara Enim, KoranSN Kapolres Muara Enim AKBP Donni Eka Syaputra S.H., S.I.K., M.M. memimpin Apel …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.