Home / Gema Sriwijaya / Muba Fokus Pemenuhan Kebutuhan Listrik

Muba Fokus Pemenuhan Kebutuhan Listrik

Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palembang Periode 2018-2023
Plt Bupati Muba saat menyampaikan LKPJ dalam rapat paripurna masa persidangan I rapat ke V. (foto-ist)

Sekayu, KoranSN

Plt Bupati Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) atas pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintah daerah tahun anggaran 2017, dalam rapat paripurna masa persidangan I rapat ke V, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Muba, Senin (19/2/2018).

Dalam rapat tersebut, Plt Bupati Muba mengatakan Pemkab Muba sangat fokus dan konsisten memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, salah satunya adalah kebutuhan listrik.

Untuk memenuhi kebutuhan di bidang listrik, Pemkab Musi Banyuasin telah membantu memfasilitasi pihak PLN melaksanakan kegiatan pembangunan transmisi gardu induk Sekayu dan gardu induk Sungai Lilin dalam memenuhi kebutuhan akan listrik dan Pemda juga melalui BUMD melakukan pembangunan pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG) yang berkapasitas 20 megawatt, di Desa Margo Mulyo Kecamatan Tungkal Jaya, yang diinisiasi oleh PT Petro Muba bekerjasama dengan PT Matriks Mas Rekatama.

“Selain itu juga Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin telah melakukan pembicaraan kepada pengelola PLTU Sumsel 5 yang berada di desa Sindang Marga Kecamatan Bayung Lencir untuk memprioritaskan suplai listrik ke Kabupaten Muba mengingat pada tahun 2017 dari 240 desa dan kelurahan Baru 238 desa dan kelurahan atau 99,17% yang terlayani listrik atau yang berasal dari listrik PLN, PT MEP dan Koperasi Unit Desa,” paparnya.

Lanjut Beni, selain program prioritas tersebut Pemkab Muba juga menerima tugas pembantuan, yang mencakup beberapa urusan diantaranya yakni, urusan kesehatan dari Kementerian Kesehatan RI, pekerjaan umum dari Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia, ketahanan pangan dari Kementerian Pertanian RI, pemberdayaan manusia dan pemerintahan desa dari Kementerian Dalam Negeri RI, pendidikan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dan urusan perdagangan dari Kementerian Perdagangan RI.

Lebih lanjut Plt Bupati menuturkan Pemkab Muba telah melaksanakan berbagai bentuk kerjasama untuk mendukung pelaksanaan pembangunan. Kerjasama tersebut berupa, kerjasama antar daerah, seperti dengan Provinsi DI Yogyakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah tentang transmigrasi, dengan Pemkot Lubuk Linggau tentang kerjasama pelayanan tera dan tera ulang. Kerjasama dengan pihak ketiga bidang pelayanan umum, kesehatan, dan koordinasi dengan instansi vertikal.

Dalam bidang keamanan Pemkab Muba bekerjasama denga Polres Muba tentang penerapan sistem keamanan digital yang diimplementasikan dalam bentuk security digital dengan memasang CCTV high quality dibeberapa titik. Pemasngan CCTV terkoneksi pada ruang command center yang diawasi 24 jam oleh Polres Muba dan Pemkab Muba.

Dipenghujung sambutannya Beni mengajak seluruh komponen masyarakat, Anggota DPRD, jajaran FKPD, perangkat daerah dan segenap elemen pemangku kepentingan untuk mensukseskan Pilkada serentak pada tanggal 27 Juni 2018.

“Semoga kerjasama yang telah terjalin selama ini dapat mewujudkan Muba Maju Berjaya 2022,” tutupnya. (tri)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Sekda Janji Laporkan PNS OKI Bolos ke Menpan RI

Kayuagung, KoranSN Usai mendapat libur Idul Fitri selama 11 hari, para Aparatur Sipil Negara (ASN) ...

error: Content is protected !!