Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020
Home / Kesehatan / Musim Pancaroba Tiba, Jaga Kesehatan Anak dengan 5 Cara Ini

Musim Pancaroba Tiba, Jaga Kesehatan Anak dengan 5 Cara Ini

Ilustrasi. (foto-net)

Jakarta, KoranSN

Musim pancaroba di negara-negara tropis seperti Indonesia kerap kali memicu munculnya penyakit. Pada bulan-bulan tertentu, seperti September dan Oktober, sering pula dianggap sebagai waktu peralihan antara dua musim yaitu musim kemarau ke musim penghujan.

Tak heran jika pada kedua bulan tersebut, hujan deras bisa turun tiba-tiba di tengah teriknya matahari atau sebaliknya.

Akibatnya, kondisi tubuh dipaksa untuk beradaptasi menyesuaikan perubahan cuaca yang begitu cepat.

Jika kondisi tubuh tidak dalam keadaan optimal, penyakit seperti flu, batuk, hingga diare dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh. Penyakit inilah yang kemudian rentan menyerang anak-anak hingga orang dewasa.

Meski demikian, perkara penyakit di musim pancaroba tetap bisa dicegah dengan lima cara mudah di bawah ini.

Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Makanan yang sehat dan bergizi masih menjadi salah satu sumber penting untuk menciptakan kondisi anak yang prima. Lengkapi kebutuhan tubuhnya dengan komposisi yang tepat, baik dari karbohidrat, protein, mineral, hingga vitamin. Jangan lupa untuk berkreasi dan libatkan mereka dalam pembuatannya untuk belajar menghargai makanannya sendiri.

Lengkapi dengan Multivitamin

Setelah melengkapi anak dengan makanan 4 sehat 5 sempurna, tak ada salahnya jika Anda juga menyelipkan multivitamin untuk anak. Multivitamin ini akan membantu menjaga daya tahan tubuhnya saat musim pancaroba. Terlebih saat si kecil tetap ingin aktif beraktivitas di luar rumah. Untuk membuat si kecil nyaman meminum multivitamin, pilih rasa yang menarik agar mereka mudah mencernanya.

Baca Juga :   Balai Kesehatan Kemenhub: Gangguan Jantung Paling Banyak Dialami Pilot

Ajarkan Pentingnya Mencuci Tangan

Meski terdengar sepele, ritual mencuci tangan justru sering kali diabaikan. Kuncinya adalah menjadikan kegiatan mencuci tangan sebagai kebiasaan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi kesehatan anak. Dengan demikian, mereka akan otomatis mencuci tangannya sendiri usai melakukan beragam aktivitas.

Ajarkan Pentingnya Mencuci Tangan

Meski terdengar sepele, ritual mencuci tangan justru sering kali diabaikan. Kuncinya adalah menjadikan kegiatan mencuci tangan sebagai kebiasaan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi kesehatan anak. Dengan demikian, mereka akan otomatis mencuci tangannya sendiri usai melakukan beragam aktivitas.

Berikan Waktu Istirahat yang Cukup

Tanpa perlu membatasi aktivitasnya yang padat dan hobinya yang aktif bergerak, Anda sebaliknya bisa mengatur jadwal tidur yang cukup. Usai lelah beraktivitas, pastikan buah hati Anda dapat tidur nyenyak baik di siang dan malam hari. Selain mampu mengembalikan energinya yang sempat terbuang, anak juga menjadi lebih siap melanjutkan aktivitas berikutnya.

Menjaga Kebersihan di Rumah

Baca Juga :   Rajin Konsumsi Ubi Jalar Bisa Picu Kegemukan

Kebersihan rumah sudah seharusnya menjadi perhatian semua anggota keluarga. Untuk menambah keseruan, jadwalkan kegiatan ini di akhir pekan sambil memastikan semua anggota keluarga terjun langsung dan mendapat perannya masing-masing. Agar kebersihan di rumah semakin terjaga, Anda juga bisa menggunakan SHARP Air Purifier FP-J80Y-H di ruangan keluarga atau kamar anak.

Dengan jangkauan ruangan yang luas hingga 62 m², SHARP Air Purifier tipe ini tetap mampu membersihkan udara lebih baik. Didukung oleh benaman Plasmacluster HD 25.000, SHARP Air Purifier bekerja semakin cakap dalam menciptakan udara bersih, sehat dan bebas jamur, virus, hingga bau tak sedap.

Proses penyaringan udara juga lebih teliti melalui tiga tahap atau triple filtration, yaitu HEPA filter yang mampu menyaring sampai 99,7% partikel mikroskopik, Active Carbon Deodorize filter khusus untuk menghilangkan bermacam-macam bau tak sedap, dan Pre filter yang akan menyaring partikel debu berukuran lebih dari 240 micron debu.

Kini, menjaga kebersihan udara juga semakin mudah karena SHARP Air Purifier FP-J80Y-H dilengkapi fitur AIoT dengan konektivitas wifi. Anda dapat mengatur kualitas udara dan mengecek kesehatan ruangan lewat aplikasi Smart Operation by Sharp Air dalam ponsel kapan pun dan di mana pun. (detik.com)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Peringati Hari Kesehatan Nasional, Kemenkes Tekankan Pentingnya Germas

Jakarta, KoranSN Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI kembali menekankan pentingnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.