Home / Gema Sriwijaya / Musrenbang Ajang Usulan dari Pemangku Kepentingan

Musrenbang Ajang Usulan dari Pemangku Kepentingan

Pemkab Muara Enim Gelar Musrembang RPJMD 2018 – 2023. (foto-yudi/koransn.com)

Muara Enim, KoranSN

Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar Musyawarah Rencanan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Muara Enim tahun 2018 – 2023. Acara Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) digelar di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Kantor Bappeda, Senin (21/1/2019) sekitar pukul 09.00 wib.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Muara Enim, H Ramlan Suryadi ST MSi melaporkan, musrembang RPJMD ini rangkaian dalam tahapan penyusunan RPJMD kabupaten Muara Enim tahun 2018 – 2023. Dalam rangka memenuhi undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional.
Dikatakan Ramlan, tahapan penyusunan RPJMD meliputi penyusunan rancangan tektonik RPJMD yang sudah dilakukan pada 10 Januari sampai dengan 6 Juli 2018 dan sudah dilaporkan gubernur dan menteri dalam negeri, Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan RPJMD (dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2018), Persiapan Penyusunan Rancangan Awal Renstra Perangkat Daerah Tahun 2018-2023, Penyusunan Rancangan Awal RPJMD (telah dimulai sejak pelantikan Bupati dan Wakil Bupati pada tanggal 18 September 2018).

Baca Juga :   Sukseskan Pemilu 2019, Sat Pol PP PALI Gelar Patroli

Lanjut Ramlan, pelaksanaan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD (telah kita laksanakan pada tanggal 17 Oktober 2018), Penyampaian Rancangan Awal RPJMD kepada DPRD dan telah disepakati bersama antara Pemerintah Daerah dengan DPRD (Bupati dan Ketua DPRD) terhadap Rancangan Awal RPJMD (telah dilaksanakan pada tanggal 16 November 2018), Konsultasi Rancangan Awal RPJMD (teiah dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 2018 di Bappeda Provinsi Sumatera Selatan dan Perangkat Daerah terkait) dengan hasil berupa Saran Gubernur untuk Penyempurnaan Rancangan Awal RPJMD Penyusunan Rancangan Renstra Perangkat Daerah (Desember 2018).

“Setelah pelaksanaan Musrenbang RPJMD ini, selanjutnya akan disampaikan raperda tentang RPJMD kepada DPRD untuk memperoleh persetujuan bersama dan dilanjutkan dengan penetapan Perda tentang RPJMD 2018-2023,”terang Ramlan.

Baca Juga :   Pemkab Mura Jalin Kesepahaman Bersama dengan ITB

Melalui kegiatan musrenbang ini diharapkan ada masukan dari semua pemangku kepentingan untuk rumusan RPJMD Kabupaten Muara Enim 2018 -2023.

Sementara itu, Bupati Muara Enim, Ir H Ahmad Yani MM menyampaikan, rapat kerja pemerintah daerah ini dalam rangka mewujudkan visi misi Muara Enim untuk Rakyat. Mewujudkan masyarakat Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat, dan Sejahtera. Kemudian RPJMD adalah dokumen perencanaan daerah dan rencanan kerja pemerintah daerah untuk periode lima tahun mendatang.

“Melalui Musrenbang RPJMD ini kami harapkan masukan dan partisipasi dari semua peserta musrembang, dan pemangku kepentingan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, arah kebijakan dan program pembangunan daerah Kabupaten Muara Enim mendatang,”kata Ahmad Yani. (yud)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Gubernur Wajibkan Kab/Kota di Sumsel Miliki Website Pemasaran Teknologi

Banyuasin, KoranSN Memaksimalkan pemasaran produk teknologi yang dihasilkan tiap daerah, Gubernur Sumsel H Herman Deru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.