Musrenbang RKPD Muratara Fokuskan Tiga Program Pembangunan

Bupati Muaratara, HM Syarif Hidayat memberikan cindra mata kapada Bappeda Sumsel. (foto-sunardi/koransn.com)

PEMERINTAH Kabupaten Muratara memfokuskan tiga program pembangunan dasar dalam Musawarah Rancangan Pembangunan (Musrenbang) RKPD 2019 tingkat kabupaten.

Pelaksanaan Musrenbang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Muratara, Kamis (22/3/2018) sekitar pukul 10.09 WIB dan dihadiri sejumlah pejabat dari provinsi dan pejabat pemerintah pusat.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Kabupaten Muratara, Erwin Syarif mengatakan, Musrenbang RKPD 2019 kali ini mengangkat tema percepatan pembangunan untuk peningkatan ekonomi kerakyatan.

Sebelum pelaksanaan Musrenbang tingkat Kabupaten, mereka juga sudah melakukan Musrenbang di tingkat Desa yang terdiri dari 82 desa dan tujuh wilayah Kecamatan, serta melakukan forum konsultasi publik.

“Kita masih fokuskan tiga program pembangunan seperti pembangunan infrastruktur dasar, pengentasan kemiskinan dengan ekonomi kreatif serta peningkatan stabilitas keamanan wilayah,” katanya.

Dia juga menambahkan, seluruh program pembangunan di wilayah Kabupaten Muratara akan dikembangkan sesuai dengan program pembangunan nasional, Provinsi dan visi Misi Bupati Muratara.
Ia berharap, sejumlah nara sumber dari berbagai institusi seperti DPR RI, Bappenas, Bappeda Provinsi turut memberikan masukan dan paparan mengenai apa saja program yang mesti diprioritaskan Pemerintah Daerah.

Baca Juga :   Ishak Mekki: Masyarakat Sumsel Butuh Lapangan Kerja

Sementara itu, Bupati Muratara H Syarif Hidayat dalam sambutannya mengatakan, semua program pembangunan yang bakal dilaksanakan mencerminkan percepatan pembangunan Muratara yang makmur, aman, cerdas dan bermartabat.

Bupati Muratara HM Syarif Hidayat foto bersama usai kegiatan.

Menurutnya, Musrenbang merupakan salah satu titik temu antara program pembangunan dari pemerintah pusat dengan usulan pembangunan dari masyarakat dan pemerintah daerah.

Dia mengintruksikan, seluruh OPD agar seluruhnya terkoneksi dengan hasil Musrenbang yang dilaksanakan.

“Hasilkan koneksi dan dijadikan pendoman Pokja OPD di daerah, terus tingkatkan ekonomi, perekonomian Muratara, mendorong potensi lokal dan mendorong seluruh golongan masyarakat di Muratara untuk andil dalam kegiatan ekonomi kreatif,” ujarnya.

Dia membenarkan, jika saat ini masih banyak kendala yang dihadapi oleh Kabupaten Muratara yang mesti di tuntaskan. Seperti tingkat pengangguran, ketertinggalan daerah, Indeks Peningkatan Manusia (IPM), pembangunan, serta stabilitas keamanan.

“Kita harap dengan seluruh program yang di susun dengan sekala prioritas dapat terus meningkatkan percepatan pembangunan di wilayah kita,” harapnya.

Baca Juga :   Buruh Sumsel Tolak Omnibus Law!
Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat sedang menyaksikan penandatanganan berita acara musrenbang.

Sementara itu, Hendrian Kabid infrastruktur pengembangan Bappeda Sumsel, menuturkan seluruh program dari tingkat nasional dan daerah harus terkoneksi.

Untuk program nasional tidak lepas dari program nawa cita Presiden RI, diantaranya, pembangunan SDM, ketimpangan wilayah, ekonomi, stabilitas keamanan dan kemiskinan.

“Kita dari provinsi melihat beberapa faktor untuk penetapan program. Seperti kebijakan nasional RPJMN, rencana kerja pemerintah pusat, rencana pembangunan jangka panjang, tata ruang Provinsi dan kabupaten kota serta melihat capaian di 2013-1218,” timpalnya.

Kabupaten Muratara dengan segala potensi yang ada, diharapkan terus melakukan percepatan pembangunan daerah. “Kabupaten Muratara masih banyak potensi yang bisa di kembangkan untuk peningkatan ekonomi.tutupnya. (snd)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Launching Aplikasi Sumsel Mall, Herman Deru Dukung Perkembangan UMKM

Palembang, KoranSN Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru melaunching aplikasi Sumsel Mall. Aplikasi belanja …