Home / Gema Sriwijaya / Muzakir Ingatkan Pedagang Jangan Gunakan Formalin

Muzakir Ingatkan Pedagang Jangan Gunakan Formalin

Sukseskan Asian Games di Jakarta dan Palembang Tahun 2018
Bupati Muara Enim, Ir H Muzakir Sai Sohar meninjau pasar ramadhan. (foto-yudi/koransn.com)

Muara Enim, KoranSN

Sebanyak 70 pedagang yang terdaftar berjualan di pasar ramadhan (pasar bedug) yang disiapkan pemerintah dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) di terminal kota Muara Enim diingatkan tidak menjual makanan maupun minuman dengan mencampur bahan pengawet atau formalin.

“Saya ingatkan kepada pedagang pasar bedug, makanan yang dijual jangan dicampur bahan pengawet atau formalin, hal ini demi kesehatan bagi yang menkonsumsinya,”kata Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar saat membuka pasar ramadhan, Kamis, (17/5), sekitar pukul 14.30 wib.

Dikatakan Muzakir, pasar ramadhan merupakan pasar tradisional yang unik, atau dengan kata lain, pasar musiman ketika ramadhan berlangsung. Namun, keberadaannya mampu menjadi salah satu penggerak ekonomi rakyat.

“Pasar ramadhan ini, menghidupkan kembali giat para pedagang untuk meningkatkan penghasilannya, walaupun pasar bedug ini terjadi selama ramadhansaja,”ungkap Muzakir.

Muzakir berharap, kepada pengunjung atau pedagang pasar, dapat bersama-sama menjaga keamanan, ketertiban dan ketentraman di bulan suci Ramadhan serta saling menghormati, menghargai dan memberi toleransi kepada warga yang menjalankan ibadah puasa.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Muara Enim, Syarfuddin Ssos Msi menambahkan, tercatat yang berjualan sebanyak 70 pedagang yang menempati petak pasar bedug. Pasar ramadhan ini gratis bagi para pedagang atau tidak dipungut biaya.

“Pasar bedug, memang khas, menu-menunya sangat beragam, ada lauk-pauk,sayur masak, dan aneka kue-kue maupun makanan tradisional, seperti, pempek, burgo, laksan, dan banyak macamnya,” ujar Syarfuddin.

Menurutnya, keberadaaa pasar ramdhan ini sangat membantu memenuhi kebutuhan warga Kota Muara Enim dalam menyiapkan hidangan waktu berbuka, khususnya warga muslim selama bulan puasa, sebab, ada juga biasanya masyarakat yang tidak sempat memasak sehingga membeli makanan jadi.

Kalbadri (42) salah seorang warga Kepur Kecamatan Muara Enim mengaku, keberadaan Pasar Bedug ini sangat membantu masyarakat dalam menu berbuka puasa hingga sahur.

“Ya, kalau liat menu-menunya sangat beragam, berbagai macam, pempek, kue khas daerah dan banyak lainnya, yang jarang dijumpai selama puasa selain itu harganya cukup terjangkau bagi masyarakat untuk membelinya,”tutur Kalbadri. (yud)

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

LIPI Gelar Pelatihan Diseminasi Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi

Indralaya, KoranSN Ratusan peserta yang terdiri dari perangkat desa, karang taruna dan masyarakat mengikuti pelatihan ...

error: Content is protected !!