Home / Gema Sriwijaya / Napi di OKI Diberikan Pelayanan Berobat Gratis

Napi di OKI Diberikan Pelayanan Berobat Gratis

Sukseskan MXGP Indonesia di Palembang, Indonesia



Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Pemerintah Kabupaten Banyuasin

Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Suasana pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kayuagung. (Foto-Maniso/KoranSN)

Kayuagung, KoranSN

Kemerdekaan bisa dimaknai secara luas yang bukan hanya kebebasan fisik, tetapi memiliki arti lebih lagi yakni terbebas dari berbagai penyakit terutama penyakit menular serta jaminan kemudahan memperoleh pelayanan kesehatan.

Hal ini merupakan komitmen Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas III A Kayuagung bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kayuagung dengan melakukan kegiatan bhakti sosial berupa pengobatan gratis bagi seluruh Napi di Lapas Kayuagung Selasa, (14/8/2018).

Kalapas Klas III A Kayuagung, Hamdi Hasibuan didampingi Direktur RSUD, Dr H Fikram dan Kepala Puskesmas Kutaraya, dr Isa Dwiyono mengungkapkan, kegiatan bakti sosial kesehatan ini bertujuan untuk memastikan seluruh penghuni lapas terbebas dari resiko penyakit menular.

Baca Juga :   Tingkatkan Kompetensi ASN, Pemkab Muba Gandeng STIA LAN

“Terjalin kesepahaman dengan pihak Dinkes dan RSUD untuk menjamin kesehatan Napi, salah satunya mengadakan kegiatan pengobatan gratis,” terangnya.

Kasubsie Pembinaan Lapas, Dedi Mardjana mengungkapkan, dalam membiasakan pola sehat di lingkungan Lapas, pihaknya melakukan pembersihan rutin.

“Lapas melakukan pembersihan kamar dan lingkungan sekitar blok Napi. Kegiatan ini berlangsung setengah jam setiap harinya,” ujarnya.

Selain itu lanjut Dedi, upaya penunjang kesehatan bagi Napi, Lapas juga mengoptimalkan klinik untuk melayani Napi yang tengah mengalami sakit ringan.

“Selain upaya pencegahan berupa pola hidup sehat, keberadaan klinik juga dioptimalkan. Lebih dari itu, untuk menjamin ketersediaan obat-obatan, Lapas berkerjasama dengan Puskesmas Kutaraya dalam Nota Kesepahaman (MOU),” terangnya.

Baca Juga :   Kunker ke Lalan, Dodi Bakal Lantik Kades

Kepala Puskesmas Kutaraya, dr Isa Dwiyono mengatakan, dari pemeriksaan kesehatan yang dilakukan, secara umum kondisi Napi dalam kondisi sehat.

“Dari berbagai cek kesehatan bagi seluruh Napi yang berlangsung hari ini, kebanyakan Napi mengeluhkan mengalami gatal-gatal kulit yang disebabkan oleh kutu. Dilihat dari pola hidup sehat Napi, wajar kalau kutu ini menyebar, terkadang di lingkungan rumah yang kelihatannya bersih, belum tentu terbebas dari kutu ini,” ungkapnya. (iso)

Iklan Warung Seblak Dadaan Sunda di Citimall Lahat

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Forkopimcam Sekayu Pasang Stiker di 223 Rumah Penerima PKH

Sekayu, KoranSN Dalam Program Pengetasan Kemiskinan Bertahap, rumah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang merupakan Program …