‘Negeri Paman Sam’ Ikut Sukseskan Asian Games di Sumsel

Gubernur Semsel saat berfoto bersama. (foto-humas pemprov/ist)
Gubernur Semsel saat berfoto bersama. (foto-humas pemprov/ist)

 

MENYAMBUT Asian Games 2018 mendatang, beberapa negara di dunia pun berminat untuk membantu dalam menyukseskan Asian Games salah satunya Amerika Serikat atau dikenal sebagai ‘Negeri Paman Sam’. Hal ini terlihat dari beberapa kali pertemuan bahkan yang terakhir pertemuan tersebut dilakukan di Griya Agung, Selasa (11/10/2016).

“Kami berharap perusahaan di Amerika dapat membantu menyukseskan Asian Games seperti mendukung infrastruktur dan teknologi,” kata Konsul Jenderal Amerika Medan Mr Juha P Salin usai bertemu langsung dengan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin.

Dirinya mengakui bahwa Sumsel merupakan provinsi termaju di Indonesia melihat dari setiap pembangunannya yang sangat luar biasa, hal ini terbukti saat ini Sumsel memiliki kawasan olahraga seperti Jakabaring Sport City (JSC), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api (TAA) dan ditambah lagi akan ada sirkuit MotoGP.

“Ini pertama kali saat ke Sumsel, tapi Sumsel merupakan provinsi termaju di Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, kemajuan ini tentunya berdasarkan ide-ide dan terobosan dari Gubernur Sumsel yang sangat baik, apalagi Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 mendatang. “Kami harap salah satu cara membantu Sumsel dengan bekerja sama dengan menjajaki beberapa peluang yang ada di Sumsel,” ujarnya.

Baca Juga :   Siapkan Perencanaan Keamanan

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menambahkan, dalam menyukseskan Asian Games 2018 mendatang, pihaknya akan terus berupaya menggaet investor dari berbagai perusahaan Amerika Serikat. “Mereka sudah datang kesini membawa 13 perusahaan dari sana dan mereka sudah melihat kondisi di tempat kita apalagi menjelang Asian Games, tentunya ini akan menarik perhatian mereka,” katanya.

Beberapa waktu lalu, lanjut Alex, sudah ada bantuan peralatan IT yang senilai 2,5 US Dolar dari salah satu perusahaan Amerika Serikat. “Ini sumanya free untuk menyukseskan Asian Games. Nah, untuk jangka panjang akan kita lihat. Karena nantinya tak hanya dari Amerika tetapi juga ada dari negara lain seperti Tiongkok dan beberapa negara lainnya,” terangnya.

Seperti diketahui, untuk menyukseskan penyelenggaraan Asian Games mendatang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kembali mendapatkan bantuan hibah sarana Information and Communication Technologies (ICT) dari Amerika Serikat.

“Bantuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia yakni Robert O Blake Jr bersama dengan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin beberapa waktu lalu,” kata Asisten III bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sumsel Akhmad Najib mewakil Gubernur Sumsel H Alex Noerdin pada pertemuan dengan Sensemaking-U.S. PACOM Fellowship Mr.Dr. Steve Chan dan Pacific Command Outreach Directorate Mr. Stephen Frano dalam rangka penyerahan hibah sarana ICT untuk mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018 dari Amerika Serikat, di Ruang Rapat Bina Praja, Senin (10/10/2016).

Baca Juga :   2020, PKS Palembang Targetkan Miliki 4000 Kader Lebih

Menurut Najib, bantuan alat teknologi yakni ICT cukup besar dalam menyukseskan Asian Games mengingat teknologi tersebut sangat mahal dan diperkirakan dapat mencapai 2,5 US Dollar. Dirinya menerangkan, nantinya alat tersebut dapat mengontrol masalah listrik atau fasilitas yang ada Jakabaring Sport City, misalnya saat kejadian mati lampu.

“Nah, jika mati lampu tentunya sangat merugikan jika perhelatan sedang berlangsung, tak hanya alat-alat komputer yang mati, aliran air pun akan terhambat jika terjadi masalah listrik,” tandasnya. (wik)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Decky Canser

Avatar

Lihat Juga

Pulang Kampung, Nazaruddin Ajak Masyarakat Musi Rawas Menangkan Paslon Bupati dan Wabup Ramah-Berarti

Palembang, KoranSN Tokoh Masyarakat Kabupaten Musi Rawas yang juga merupakan pensiunan Jaksa dan mantan Ketua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.