Ngabuburit dan AR Filter di Instagram Selama Ramadhan

Instagram menghadirkan fitur “AR Filter”. (foto-antaranews)

Jakarta, KoranSN

Instagram menghadirkan fitur “AR Filter” dan “Ngabuburit” melalui kampanye #MonthofGood atau #BulanPenuhKebaikan untuk para pengguna yang berpuasa namun harus tetap di rumah (#dirumahaja).

Sebagai bagian dari kampanye #MonthofGood tersebut, Instagram untuk pertama kalinya meluncurkan AR Filter Ramadhan pertama di Indonesia bertema “Rayakan di Instagram” yang mulai tersedia mulai tanggal 23 April 2020.

AR Filter Ramadhan pertama ini merupakan hasil kerja sama Instagram dengan kreator lokal muda Noorman Fakhrizal (@karetsatu), dimana @karetsatu menciptakan dua buah AR filter RAYAkandiInstagram.

Melalui peluncuran AR Filter ini, Instagram ingin mengajak para pengguna untuk tetap bisa mengekspresikan diri, berbagi kebaikan, bersilaturahmi secara virtual dan menjalankan tradisi Ramadhan dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

“Data internal Instagram menunjukkan bahwa penggunaan kata “donasi” di Indonesia telah meningkat hingga 300 persen selama sebulan terakhir menjelang bulan suci Ramadhan tahun ini. Hal inilah yang menjadi salah satu inspirasi kami untuk meluncurkan kampanye #MonthOfGood tahun ini,” ujar Manajer Komunikasi Instagram Asia Pasifik, Putri Silalahi, dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Jumat (24/4/2020).

Baca Juga :   IIMS Tahun Depan Digelar Dengan Protokol Kesehatan Ketat

“Kami ingin mendorong pengguna semakin gencar berbagi konten kebaikan yang bersifat gotong-royong dan kolaborasi terutama di tengah pandemi seperti ini,” dia melanjutkan.

Untuk menggunakan AR Filter Ramadhan pertama Instagram ini, para pengguna dapat mengunjungi profil @karetsatu dan tekan ikon “Smiley,” kemudian cari filter RAYAkandiInstagram 1 dan RAYAkandiInstagram 2.

Selanjutnya, tekan “Try It” untuk mencoba kedua filter tersebut. Pastikan untuk menyimpan kedua AR Filter tersebut di galeri kamera Instagram Stories sehingga dapat menggunakannya kembali di lain kesempatan dengan mudah.

Selain peluncuran AR Filter Ramadhan, Instagram juga akan mengadakan serangkaian sesi Instagram Live bertajuk “Ngabuburit di Instagram” bersama dengan para selebriti dan konten kreator tanah air selama tujuh hari berturut-turut dimulai dari tanggal 27 April hingga 3 Mei 2020.

Dalam program ini, para selebriti akan membagikan berbagai ide kegiatan ngabuburit seru selama #dirumahaja, seperti kegiatan memasak, musik, olahraga hingga make-up.

Lebih dari sekedar berbagi inspirasi kegiatan ngabuburit, para selebriti tersebut juga akan mengajak para penonton untuk berdonasi membantu masyarakat kecil yang terdampak COVID-19.

Baca Juga :   Samsung Bakal Rilis Dua Ponsel Layar Lipat Paruh Kedua Tahun Ini

Dalam menyambut bulan Ramadhan, Instagram juga melihat adanya peluang yang besar bagi para pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnis mereka di Instagram.

Berdasarkan data internal Instagram, hashtag terkait persiapan Hari Raya Idul Fitri yang paling banyak dicari oleh pengguna Indonesia saat ini, antara lain #lebaran, #gamis, #dirumahaja, #hijab, #bajulebaran, #syari, #mukenacantik, #bajumuslim, #alwahijab, #bajumurah.

“Bulan Ramadhan juga menjadi momen yang tepat bagi para pelaku bisnis untuk tetap bisa bertumbuh dan menjaga kelangsungan bisnis mereka di tengah masa sulit seperti ini. Data-data hashtag ini dapat berguna bagi para pelaku bisnis saat membuat strategi promosi menjelang Hari Raya Idul Fitri mendatang,” Putri menambahkan. (Antara/ded)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Tips Dokter Sebelum Divaksin COVID-19, Tubuh Harus Fit

Jakarta, KoranSN Sebelum tiba giliran Anda mendapatkan vaksin COVID-19, ada beberapa hal yang perlu Anda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.