Rabu , Oktober 24 2018
Home / Gema Sriwijaya / Nikah di Balai KUA Penukal Utara Gratis

Nikah di Balai KUA Penukal Utara Gratis

Kepala KUA Penukal Utara Kabupaten PALI, Midi SHI.
Kepala KUA Penukal Utara Kabupaten PALI, Midi SHI.

PALI, KoranSN

Sesuai dengan peraturan kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) nomor 48 tahun 2014 tentang pernikahan di Balai Kantor Urusan Agama (KUA) yang tidak dikenakan biaya. Hal itu benar diterapkan oleh KUA Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala KUA Penukal Utara, Midi S.H.I ketika dijumpai SN di sela kegiatannya, Kamis (19/5/2016).

“Mengingat Petugas Pembantu Pencatat Nikah (P3N) sekarang telah dinonaktifkan, jadi masyarakat di Kecamatan Penukal Utara khususnya Desa Tempirai yang termasuk dalam kategori desa padat penduduk. Tentu juga ramai untuk menikahkan keluarganya. Untuk kepada seluruh warga sekitar Penukal Utara silahkan langsung datang ke KUA,” kata Midi.

Baca Juga :   Bupati Muara Enim Kunjungi Korban Kebakaran

Ia menjelaskan, di salahsatu Desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara Kabupaten PALI memang ada dua penghulu yang belum dinonaktifkan.

“Selain itu, saya juga telah berulang kali mengingatkan kepada staf kantor dan penghulu yang bertugas menikahkan calon pengantin (Catin) di luar jam kerja agar tidak meminta uang kepada yang bersangkutan,” tambah Midi.

Kendati pihaknya tidak pernah meminta sedikitpun biaya kepada masyarakat, namun tak jarang pula masyarakat sendiri yang memberikan biaya operasional kepadanya.

“Tinggal lagi tingkat kesadaran masyarakat yang menikahkan anaknya, jika masyarakat mau seutuhnya gratis, mereka harus ikuti proses dan prosedur yang berlaku, yang terkandung di dalam Peraturan Pemerintah nomor 48 tahun 2014. Namun, kebanyakan yang saya temui di lapangan masyarakat menginginkan berkas adminitrasi mereka terima bersih dan cepat, terkadang masyarakat sendiri yang memberikan untuk biaya operasional tanpa diminta sedikitpun,” tambahnya.

Baca Juga :   Pemkot Prabumulih Gelar Pencanangan BBGRM dan HKG PKK ke-46

Masih kata Midi, kalau nikah diluar balai KUA, pihaknya menarifkan biaya operasional kisaran Rp 600.000.

“Tapi kalau nikahnya di Balai KUA gratis. Diluar biaya operasional 2 orang saksi, qori’ dan khotib waktu pelaksanaan nikah. Itu semua mulai berlaku 10 juli 2014 yang lalu,” tutupnya. (ans)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Anton Wijaya

Anton Wijaya

Lihat Juga

Pemdes Talang Ipuh Gelar MMD

Banyuasin, KoranSN Pemerintah Desa (Pemdes) Talang Ipuh menggelar Musyawarah Masyarakat Desa (MMD), bertempat di kantor ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!