OJK Resmikan Bank Wakaf Mikro Aulia Cendekia Palembang

Gubernur Sumsel bersama Kepala OJK Regional 7 Sumbagsel Untung Nugroho, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso serta Pengurus Ponpes Aulia Cendikia Palembang menabuh rebana tanda peresmian Bank Wakaf Mikro di Hotel Novotel Palembang, Kamis (6/2/2020). (foto-ferdinand/koransn)

OTORITAS Jasa Keuangan (OJK) meresmikan Bank Wakaf Mikro (BWM) Pondok Pesantren Aulia Cendekia Talang Jambe Kecamatan Sukarami Palembang Sumsel, Kamis (6/2/2020).

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso mengatakan, BWM Aulia Cendekia Palembang merupakan yang pertama di Indonesia atas inisiasi kepala daerah yaitu Gubernur Sumsel.

“BWM di Sumsel ini harus menjadi contoh bagi daerah lain, karena sudah lama direncanakan oleh Pemprov Sumsel dan OJK memberikan apresiasi kepada Gubernur Sumsel karena sudah memberikan karpet merah untuk pembangunan BMW ini di Sumsel. Kami menantikan inisiasi dari kepala daerah lain untuk membangun hal serupa,” harapnya.

BWM dijelaskannya, merupakan lembaga keuangan syariah yang fokus pada pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat, instrumennya melalui pengelolaan simpanan, pembiayaan skala mikro, dan jasa konsultasi pengembangan usaha.

Baca Juga :   Honda Fest Cari_Aman Genio SMA/SMK Yadika Baturaja

“OJK berkomitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program tersebut. Skema dalam BWM merupakan terobosan baru yang dirancang sesuai kebutuhan dan kemampuan masyarakat kecil,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, suatu kebanggaan bagi Sumsel memiliki BWM karena bertujuan mensejahterakan masyarakat kecil.

“Keberadaan BWM Aulia Cendekia Palembang merupakan langkah konkret bukan hanya sekedar wacana,” tegasnya.
Inisiasinya untuk mewujudkan keberadaan BWM dikatakannya, karena tertarik saat Presiden RI Joko Widodo meresmikan BWM beberapa waktu lalu.

Sementara Wakil Pengasuh Ponpes Aulia Cendekia, Drs KH Syamsudin Sadiman mengungkapkan, sejak beroperasi sekitar 2 bulan nasabah BWM Aulia Cendekia Palembang sebanyak 50 nasabah. “Kami sangat mengapresiasi keberadaan BWM, karena kegiatan yang bisa dijalankan Ponpes Aulia Cendekia bukan sekedar bidang spritiual saja namun sudah merambah bidang perekonomian masyarakat sekitar pondok,” ujarnya.

Baca Juga :   Wong Palembang Terima Brevet Hiu Kencana di Kapal Selam RI yang Baru

Sementara itu di hari yang sama di Hotel Novotel Palembang dilakukan pelantikan dan serah terima jabatan Kepala OJK Regional 7 Sumbagsel dari Panca Hadi Suryatno ke Untung Nugroho. Kemudian dilanjutkan Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) 2020 mengambil tema “Ekosistem Keuangan Berdaya Saing Untuk Pertumbuhan Berkualitas” dihadiri anggota DPR-RI Komisi IX, Hafiz Tohir.

Usai dilantik menjadi Kepala OJK Regional 7 Sumbagsel, Untung Nugroho memiliki visi misi harus lebih banyak melakukan edukasi dan literasi keuangan bersama pemerintah daerah. Selain itu memiliki pekerjaan rumah agar tahun ini OJK memiliki gedung sendiri di lokasi yang strategis, mudah dijangkau dan terpenting tidak mengontrak lagi.

“Tahun ini kita memiliki PR agar pembangunan kantor OJK selesai. Kemudian mendorong mengembangkan BWM bersama pemerintah daerah,”pungkasnya. (ima/adv)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Pemkot Palembang Bentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona

UPAYA pencegahan penyebaran virus corona terus dilakukan, khususnya di Kota Palembang. Pemkot Palembang kini membentuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.