OKI: Pupuk Urea Melimpah, NPK Langka

Ilustrasi. (foto-net)
Ilustrasi. (foto-net)

Kayuagung, KoranSN

Sepanjang tahun 2016 ini subsidi pupuk urea di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengalami kelebihan sehingga stok melimpah. Sebaliknya, pupuk NPK langka ditemukan.

Menyikapi kondisi ini, Dinas Pertanian OKI, BP4K OKI, distributor pupuk subsidi dan pemasaran PT Pusri menggelar pertemuan kemarin. Mereka sepakat untuk saling memonitor pendistribusian pupuk bersubsidi.

Kepala Dinas Pertanian OKI Syarifudin SP MSi mengungkapkan, kelebihan pupuk urea mencapai 300 ton dan kekurangan pupuk NPK lebih kurang 2050 ton. Penyaluran pemenuhan kebutuhan pupuk subsidi untuk musim tanam Oktober-Maret yang sedang berjalan.

Ia merincikan, pupuk subsidi terdiri dari urea, NPK, SP36, ZA dan organik yang digunakan para petani yang tergabung dalam kelompok tani baik itu usaha tani tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, hijauan pakan ternak dan perikanan.

Baca Juga :   Lahan Milik Perusahaan di OKI Terbakar

“Hasilnya, untuk pupuk urea kami usulkan relokasi antar kecamatan agar ketersedian pupuk cukup. Sedangkan untuk urea, kami minta relokasi antar kabupaten atau antar provinsi. Jadi bila ada daerah yang berlebih pupuk urea bisa dialokasikan di tempat kami”pintanya.

Menurutnya, pupuk merupakan komponen penunjang peningkatan produksi pertanian terkhusus peningkatan produksi pajale (padi, jagung dan kedele). Dengan adanya pupuk subsidi maka bisa membantu peningkatan produkri pertanian. “Selain itu adanya bantuan bisa memotivasi petani mau berproduksi secara maksimal,”ungkapnya.

Selain pupuk pemerintah juga menyediakan benih padi bersubsidi dengan persyaratan untuk memperolehnya sama dengan persyaratan memperoleh pupuk subsidi. “Hal ini kita lakukan agar kedaulatan pangan dapat berkelanjutan,”tukasnya. (iso)

Baca Juga :   Penggalangan Kekuatan ISO Berlanjut ke Wilayah Pesisir
Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Decky Canser

Avatar

Lihat Juga

19 Klub Sepakbola di OKI Terima Bantuan Bola

Kayuagung, KoranSN 19 klub sepakbola di Kabupaten OKI menerima bantuan bola dari Pemprov Sumsel melalui …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.