Home / Headline / Oknum Kades Geramat Tertangkap OTT Sat Reskrim Polres Lahat

Oknum Kades Geramat Tertangkap OTT Sat Reskrim Polres Lahat

Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palembang Periode 2018-2023
Oknum Kades Geramat ‘AK’ saat diamankan. (Foto-Robby/Koransn/Istimewa)

Lahat, KoranSN

Oknum Kepala Desa (Kades) Geramat Kecamatan Merapi Selatan Kabupaten Lahat berinisial ‘AK’ tertangkap Operasi Tangkap Tangan (OTT) Sat Reskrim Polres Lahat.

Oknum Kades ini tertangkap OTT, Kamis, (24/5/2018) karena melakukan dugaan pemerasan sesuai dengan Pasal 368 KUHP. Penangkapan tersangka langsung dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Lahat, AKP Ginanjar SIK.

Penangkapan tersebut merupakan ungkap kasus yang ketiga kali dalam kasus OTT di Kabupaten Lahat yang diungkap oleh Sat Reskrim Polres Lahat.

Kasat Reskrim Polres Lahat, AKP Ginanjar mengatakan, dugaan kasus ini merupakan dugaan pemerasan yang dilakukan oknum Kades Geramat kepada salah satu perusahaan di Lahat.

Menurut Ginanjar, dalam dugaan kasus ini oknum Kades tersebut meminta sejumlah uang kepada pihak perusahaan dengan mengatasnamakan masyarakat.

Kasat Reskrim Polres Lahat, AKP Ginanjar menunjukkan barang bukti uang yang diamankan dari oknum Kades yang tertangkap OTT.

“Ini merupakan dugaan kasus pemerasan yang dilakukan oknum Kepala Desa Geramat Kecamatan Merapi Selatan kepada salah satu perusahaan ,” katanya.

Ginanjar menerangkan, adapun kronologis penangkapan tersangka dilakukan pihaknya, Kamis (24/5/2018) sekira pukul 12.30 WIB di salah satu tempat pencucian mobil, dimana saat itu tersangka ‘AK’ sedang memberikan penawaran kepada pihak perusahaan yang diperas oleh tersangka.

Adapun modus tersangka yakni, mengatasnamakan masyarakat dengan meminta bantuan kepada pihak perusahaan agar membuat jembatan di desanya. Bila permintaan itu dipenuhi, tentunya perusahaan tersebut dapat berjalan atau beroperasi.

“Tersangka ini meminta sejumlah uang kepada korban untuk membuat jembatan dan mengatasnamakan masyarakat, awalnya diberikan bantuan Rp 10 juta, berlanjut lagi bantuan Rp 30 juta dan terus sehingga sudah menjadi modus pemerasan,” ujar Kasat.

Lanjut Kasat, karena merasa diperas oleh oknum Kades, akhirnya pihak perusahaan menceritakan kejadian tersebut dan melaporkan kepada pihak kepolisian kronologis kejadian. Berdasarkan laporan tersebut pihak kepolisian akhirnya melakukan aksi penyamaran dan melakukan OTT terhadap tersangka.

“Penangkapan tersebut langsung ditangani oleh Tim Saber Polres Lahat, saat digerebek tersangka sedang menerima uang dari korban sejumlah Rp 30.000.000 (tiga puluh juta rupiah). Kini barang bukti berupa uang tunai dan buku rekening sudah kami amankan di Polres Lahat,” tegas Ginanjar.

Terpisah, tersangka ‘AK’ selaku oknum Kades Geramat usai diperiksa di Polres Lahat terdiam saat ditanya wartawan pertanyaan seputaran OTT yang menimpanya. Tersangka hanya mengungkapkan jika tidak ada apa apa.

“Tidak ada apa apa,” katanya singkat sambil meninggalkan awak media. (rob)

Oknum Kades Geramat Kecamatan Merapi Selatan Kabupaten Lahat berinisial ‘AK’ saat tertangkap OTT.

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Bos Travel Umroh Raup Rp 20 Miliar dari Menipu 1000 Calon Jamaah Umroh & Haji di Sumsel

Palembang, KoranSN Tersangka Faorita alias Rita (47), yang merupakan Direktur PT Hasanah Barokah Sriwijaya meraup ...

error: Content is protected !!