Home / Gema Sriwijaya / Oknum Lurah Timbangan Ogan Ilir Diduga Pungli Uang SKU

Oknum Lurah Timbangan Ogan Ilir Diduga Pungli Uang SKU

Ilustrasi. (Foto-Net)

Indralaya, KoranSN

Video oknum Lurah Timbangan Km 32 Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir berinisial ‘AB’ yang diduga melakukan pungutan liar (Pungli) di kantornya, Rabu (30/1/2019) viral di media sosial (Medsos).

Oknum Lurah yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) ini diduga melakukan pungutan liar sebesar Rp 50 ribu terhadap masyarakat berinisial ‘A’ dan ‘D’ yang sedang mengurus Surat Keterangan Usaha (SKU).

Menurut keterangan ‘A’ didampingi ‘D’, jika mereka sangat menyangkan sikap oknum lurah yang semestinya melayani masyarakat namun melakukan dugaan Pungli.

“Saat mengurus Surat Keterangan Usaha (SKU) di kantor lurah, kami dimintai uang sebesar Rp 50 ribu, alasannya untuk biaya administrasi, namun saya menolak untuk memberikan uang tersebut,” kata A.

Dikatakannya, saat kejadian dirinya berkeras untuk tidak memberikan uang yang diduga diminta oleh oknum lurah tersebut. Selain itu oknum ‘AB’ juga sempat mempersilahkan jika ia dan ‘D’ melaporkan dugaan Pungli tersebut ke bupati bahkan ke Polda Sumsel.

Baca Juga :   Warga Keluhkan Tumpukan Sampah di Talang Jawa Tak Pernah Diangkut Petugas

“Kami pun mepertanyakan uang tersebut untuk apa. Diakui oknum lurah itu, jika uangnya untuk keperluan administrasi untuk oknum lurah itu sendiri, dan kalau mau surat SKU selesai maka kami harus membayar uang sebesar Rp 50.000 dulu, baru surat-surat bisa dikasihkan,” ujarnya.

Sementara saat dikonfirmasi terkait dugaan Pungli tersebut, Oknum Lurah berinisial ‘AB’ mengatakan, jika uang itu tidak sempat diterimanya dan berkas SKU sudah diberikan kepada masyarakat tersebut.

“Persoalan tersebut sudah selesai, dan saya meminta maaf atas kearoganan, yang mana harus melayani masyarakat dengan baik dan ini menjadi pelajaran bagi saya kedepannya,” uangkap ‘AB’.

Baca Juga :   Pasar Bertingkat Kayuagung Siap Ditempati

Terpisah, Camat Indralaya Utara, Benhur Sayuti saat dikonfirmasi terkait persoalan oknum Lurah ‘AB’ menjelaskan, jika pihaknya sudah memanggil oknum lurah tersebut, namun yang bersangkutan lagi ada musibah keluarga hingga belum bisa memenuhi panggilan.

“Tetapi besok pagi (hari ini) dia akan menghadap saya dan siap menjelaskan perkara dugaan Pungli tersebut,” ujar Camat.

Ditegaskannya, seandainya memang terbukti adanya dugaan Pungli maka dirinya akan menyerahkan semuanya kepada bupati selaku atasannya.

“Kalau memang terbukti bersalah maka oknum lurah tersebut akan kami serahkan kepada bupati, dan bagaimana nanti akan diproses sesuai aturan yang ada. Kami harapan semoga tidak terjadi lagi hal-hal yang dapat merugikan masyarakat seperti ini,” tandas Camat. (man)

Konser Westlife di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Tinjau Lokasi TMMD Mengendarai Motor Trail, Ini Pesan Dandim 0401/Muba

Muba, KoranSN Komandan Kodim 0401/Muba Letkol Arm Muh Saifudin Khoiruzzamani meninjau lokasi Tentara Manunggal Membangun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.